Kamis 18 Februari 2021, 20:06 WIB

Atasi Banjir, Wagub DKI Wacanakan Relokasi Warga                  

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Atasi Banjir, Wagub DKI Wacanakan Relokasi Warga                  

MI/Andri Widiyanto
Pengguna kendaraan menerobos banjir di kawasan Tebet, Jakarta

 

WAKIL Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Pemprov DKI Jakarta mewacanakan untuk melakukan relokasi warga yang tinggal di daerah rawan banjir.

Kebijakan relokasi menurutnya bukan hanya bisa dilakukan kepada warga yang tinggal di bantaran kali untuk keperluan normalisasi tetapi juga terbuka bagi warga yang tinggal di daerah yang berupa cekungan.

Ia mencontohkan daerah Kalibata adalah daerah yang dulunya merupakan dataran yang tinggi. Namun, karena adanya pembangunan Stadion Gelora Bung Karno, tanah-tanah di wilayah itu dikeruk untuk pematangan lahan proyek. Akibatnya, saat ini daerah itu menjadi daerah cekungan rendah yang bisa terendam banjir meskipun hujan lebat hanya turun dalam waktu singkat.

"Sekarang daerah tersebut sudah seperti kubangan, kalau hujan ya banjir. Ke depan daerah tersebut kita akan atasi dengan cara merelokasi warga atau masyarakat yang tinggal di daerah rendah," ungkapnya, Kamis (18/2).

Baca juga : Hadapi Cuaca Ekstrem, Pemprov DKI Janji Banjir Lekas Surut

Di sisi lain, relokasi juga akan terus dilakukan bagi warga yang tinggal ilegal di bantaran kali maupun waduk. Pihaknya terus membangun rusunawa untuk menjadi tempat tinggal baru warga tersebut.

"Prinsipnya, perlu ada kerja sama yang baik, berkolaborasi dengan semua dalam rangka mencegah, menangani, dan mengendalikan banjir," kata politikus Partai Gerindra itu.

Ariza menambahkan menjelang musim hujan ini Pemprov DKI sudah melakukan upaya maksimal mengatasi banjir. Hal itupun terlihat bahwa dibandingkan dengan tahun lalu, genangan di musim hujan kali ini di Ibu Kota lebih cepat surut.

"Sebagaimana kita ketahui tahun ini sampai 18 Februari tidak terjadi genangan yang luar biasa seperti tahun sebelumnya," imbuhnya. (OL-7)

Baca Juga

DOK Pribadi.

SW Painting Festival Pamungkas Tampil di Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:19 WIB
SW Indonesia mengajak pengembang terkemuka Grup Agung Podomoro Land Tbk berkolaborasi untuk program CSR di bidang seni dan budaya di...
ANTARA

IPW: Jika Terbukti Hilangkan Barang Bukti, Ferdy Sambo Dapat Dipecat dan Dipidana

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:15 WIB
INDONESIA Police Watch (IPW) menilai Irjen Ferdy Sambo dapat dipecat dari Korps Bhayangkara jika terbukti merusak, menghilangkan barang...
DOK MI

Ajudan Istri Ferdy Sambo Jadi Tersangka Kasus Pembunuhan Brigadir J

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 23:07 WIB
TIM Khusus (Timsus) Polri menangkap Brigadir Ricky Rizal terkait kasus tewasnya Brigadir Novriansyah Yosua Hutabarat alias Briagadir J di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya