Rabu 20 Januari 2021, 03:15 WIB

Banjir Bandang di Cisarua, Bendung Katulampa Terpantau Aman

Sri Yanti Nainggolan | Megapolitan
Banjir Bandang di Cisarua, Bendung Katulampa Terpantau Aman

MI/Ramdani
Dampak banjir bandang di Gunung Mas, Bogor, Jawa barat

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta belum melihat potensi air kiriman dari banjir bandang di Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tinggi muka air (TMA) sejumlah pintu air masih normal.

"Kalau dari informasi TMA masih aman," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBD DKI Jakarta Mohamad Insaf saat dikonfirmasi, Selasa, 19 Januari 2021.

Menurut dia, BPBD DKI terus memantau TMA Bendung Katulampa. Jika berada pada status siaga 3 (waspada), informasi segera disebar ke masyarakat.

"Baik melalui media sosial maupun WA Group yang beranggotakan pimpinan wilayah dan dinas teknis terkait agar bisa mengantisipasi dampak banjir," terang dia.

Baca juga : Waspadai Maraknya Aksi Pencurian di Rumah Pompa

BPBD DKI juga berkoordinasi dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) untuk mengantisipasi banjir kiriman. Selain itu, DKI sudah berkomunikasi dengan BPBD Kabupaten Bogor.

"Sampai saat ini kondisi Bendung Katulampa terpantau normal serta tidak menunjukkan kenaikan signifikan akibat bandang tersebut," bunyi data pada pukul 17.37 WIB.

Kondisi debit air Bendung Katulampa mencapai 30 cm atau normal dengan cuaca gerimis. Status Pintu Air Pasar Ikan sempat berstatus waspada (siaga 3) pada pukul 14.00 WIB, sedangkan 11 pintu air lainnya normal.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menduga banjir bandang di Cisarua pada Selasa pukul 10.00 WIB disebabkan hujan berintensitas tinggi disertai longsoran dari gunung. Bencana itu terjadi di Desa Tugu Selatan, Cisarua. Sebanyak 900 orang menjadi korban banjir. (Medcom.id/OL-7)

Baca Juga

MI/Pius Erlangga

Pungli Bansos di DKI Masih Marak, Warga Takut Lapor

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 05 Maret 2021, 14:09 WIB
Warga justru takut untuk melaporkan pungli ini lantaran khawatir tak akan mendapatkan jatah bansos...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Beda Pendapat Anies dan Riza Soal Skateboard Di Trotoar

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Maret 2021, 13:45 WIB
Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kali ini berbeda pendapat terkait aktivitas skateboar di...
MI/Immanuel Antonius

Petugas Hadang Pemotor yang Ngotot Terobos Jalur TransJakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 05 Maret 2021, 12:29 WIB
Beberapa pemotor akhirnya beralih ke jalur biasa. Namun, seorang pemotor tetap ingin menerobos jalur hingga turun dari kendaraannya dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya