Rabu 23 September 2020, 05:59 WIB

Dinas PUPR Bohong Surati Satpol PP

KG/J-2 | Megapolitan
Dinas PUPR Bohong Surati Satpol PP

MI/Usman Kansong
Bangunan di Seberang GPE tanpa IMB

 

PETUGAS Satpol PP belum berani membongkar bangunan tanpa izin mendirikan bangunan (IMB) yang berada di bantaran sungai, seberang Perumahan Gema Pesona Estate (GPE), di Kampung Serab RT 005/05, Kelurahan Tirtajaya, Kota Depok. Satpol PP beralasan belum menerima surat pembongkaran dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).

“Sampai kini tidak ada surat dari DPUPR untuk meminta bangunan gedung dibongkar. Jadi, sepanjang belum ada surat masuk ke Satpol PP dari DPUPR, kami tak bisa bongkar,” ujar Kepala Satpol PP Depok Lienda Ratna Nurdianny, kemarin.

Lienda menegaskan pihaknya telah mengklarifikasi hal itu. DPUPR juga mengakui belum mengirim surat permintaan pembongkaran ke Satpol PP. “Sudah klarifikasi memang belum membuat surat,” tegas Lienda.

Ia mengharapkan DPUPR Depok selaku penanggung jawab teknis bantaran sungai segera mengirim surat agar Satpol PP bisa mengambil langkah-langkah berikutnya berupa tindakan pembongkaran.

“Kami menunggu surat dari DPUPR untuk memastikan bahwa pendirian bangunan tersebut mengganggu fungsi sungai. Kalau memang ada, mana kopi suratnya? Saya sudah cek, tidak ada surat masuk,” terang dia.

Lienda membenarkan bangunan tanpa IMB itu berdiri di atas sertifikat hak milik (SHM) atas nama Haji Usman. Pun secara teknis, imbuhnya, bangunan itu jelas mengganggu aliran sungai karena berada di sempadan.

Sebelumnya, Kepala Seksi Operasi dan Pemeliharaaan DPUPR Kota Depok Bachtiar Ardiansyah mengaku telah mengirim surat pembongkaran ke Satpol PP. “Kita sudah kirim kok. Surat kita kirim 14 Agustus 2020. Kita menerbitkan dua surat sekaligus. Satu untuk Satpol PP untuk dilakukan sterilisasi karena mengganggu aliran sungai. Surat satu lagi ke pemilik bangunan. Yang tanda tangan surat langsung Kadis PUPR Kota Depok Dadan Rustandi,” kilah Bachtiar, Selasa (15/9). (KG/J-2)

Baca Juga

Antara/Muhammad Iqbal

Sepekan PPKM, 1.033 Orang Ditindak Karena tak Pakai Masker

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Selasa 19 Januari 2021, 01:01 WIB
Selama sepekan PPKM, hingga 17 Januari tercatat sebanyak 1.033 orang ditindak karena tidak memakai...
Instagram @ANYAGERALDINE

Polda Metro: Tidak ada Pelanggaran Prokes Kasus Raffi Ahmad

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Januari 2021, 22:06 WIB
Polda Metro Jaya menyebut tidak ada pelanggaran protokol kesehatan (prokes) dalam acara ulang tahun Ricardo Gelael yang dihadiri Raffi...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Ketua DPRD: Sekda DKI Baru Punya Tantangan Besar di Masa Pandemi

👤Hilda Julaika 🕔Senin 18 Januari 2021, 21:30 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta diharapkan dapat membangun jalinan komunikasi antareksekutif dengan legislatif yang sudah baik...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya