Selasa 18 Februari 2020, 17:24 WIB

Ini Penyebab Kelangkaan dan Mahalnya Masker di Jakarta

Selamat Saragih | Megapolitan
Ini Penyebab Kelangkaan dan Mahalnya Masker di Jakarta

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.
Penumpang Commuter Line menggunakan masker

 

KETERSEDIAAN masker di Jakarta mulai berkurang. Langkanya stok masker itu disebabkan bahan baku dari China mulai berkurang sejak maraknya wabah virus corona di negeri tirai bambu itu.

Kelangkaan masker di Jakarta diketahui setelah Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta rapat bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI, polisi, dan instansi terkait lainnya, Senin (17/2).

"Bahan bakunya memang habis karena kita memang impor dari China. Karena itulah bahan bakunya langka dengan adanya kasus corona, tentu produksinya juga berkurang," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (18/2).

Dampak dari kelangkaan masker itu tentu harganya pun melonjak. Karena itu, Dinkes DKI menyarankan orang sehat tidak perlu pakai masker.

Ratu menambahkan, stok masker yang dijual di Jakarta juga mulai berkurang karena masyarakat berbondong-bondong membeli masker untuk antisipasi wabah corona yang juga ditemukan di berbagai negara.

Padahal, ungkap Ratu, Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, menyatakan, masker hanya harus digunakan oleh orang sakit, bukan orang yang sehat.

"Dengan berita-berita yang mengatakan bahwa ada virus corona yang dampaknya begitu hebat dan tidak salah juga ya bahwa masyarakat itu memproteksi dirinya dengan menyiapkan masker," jelas Ratu.

Langkanya stok masker di Jakarta berimbas pada harga yang melonjak. Karena itulah,

YLKI sebutkan kenaikan harga masker memancing kepanikan konsumen di Pasar Pramuka, Jakarta Timur.

Contoh harga masker N95 kini menyentuh senilai Rp1,6 juta per boks berisi 20 buah. Padahal harga normalnya hanya berkisar Rp195.000 per boks.

Selain itu, lanjutnya, harga masker bedah biasa pun juga tidak kalah melonjak. Kini, harga masker biasa mencapai Rp170.000 hingga Rp350.000 per boksnya yang berisi 50 buah. Harga normalnya padahal hanya sekitar Rp15.000 hingga Rp25.000 per boks. Melonjaknya harga masker di Indonesia menjadi sorotan beberapa media internasional. (OL-8)

Baca Juga

Antara/Arif Firmansyah

Pejabat Satpol PP Kabupaten Bogor Diperiksa soal Kerumunan Rizieq

👤Yakub Pryatama Wijayaatmadja 🕔Senin 30 November 2020, 19:11 WIB
"Sedangkan rencana Polda Metro Jaya besok akan memanggil sekuriti, kemudian Babinkamtibmas Tanah Abang, kasat Intel Polres Jakarta...
Antara

RS Ummi Halangi Satgas Covid-19, Terjerat Pidana Murni

👤Baharman Hasyim 🕔Senin 30 November 2020, 17:30 WIB
Upaya Rumah Sakit (RS) Ummi yang diduga menghalang-halangi Satgas Penangan Covid-19 Kota Bogor dalam melakukan pelacakan itu termasuk...
MI/Ramdani

Wagub Positif Covid-19, Anies Tes Swab

👤Hilda Julaika 🕔Senin 30 November 2020, 17:17 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan tes swab menyusul seusai rekan kerjanya, Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria terpapar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya