Sabtu 15 Februari 2020, 09:31 WIB

Dinas LHK Depok Terbelit Korupsi UPS

(KG/J-2) | Megapolitan
Dinas LHK Depok Terbelit Korupsi UPS

MI/ BARY FATHAHILAH
Sejumlah warga tengah melintasi tumpukan sampah yang berserakan akibat tidak beroperasinya Unit Pengolahan Sampah (UPS).

 

PENYIDIK Kejaksaan Negeri Kota Depok segera memeriksa para pejabat Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok periode 2010-2018. Mereka akan diperiksa sebagai saksi dugaan korupsi dan tindak pidana pencucian uang.

"Kami (Kejaksaan) akan memeriksa pejabat-pejabat di lingkungan DLHK Kota Depok untuk menjadi saksi dalam dugaan kasus pengadaan UPS (unit pengolahan sampah)," kata Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Kota Depok, Hary Palar, saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (14/2).

Menurutnya, kejaksaan selaku jaksa penyidik akan melayangkan surat pemanggilan kepada pejabat DLHK Kota Depok. "Kami agendakan pemeriksaannya dalam waktu dekat. Jadi, saksi dari pejabat DLHK yang dipanggil merupakan pejabat pengguna anggaran," ujar Hary.

Sebelumnya, Ketua Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) Kota Depok, Murthada Sinuraya, mengungkapkan Pemerintah Kota Depok tahun 2010-2018 mengalokasikan APBD sebesar Rp17,5 miliar untuk membiayai pembangunan 35 unit UPS di 11 kecamatan.

Rinciannya, untuk pembangunan 1 UPS Rp500 juta. Jadi, untuk 35 UPS, totalnya Rp17,5 miliar. Namun, faktanya hanya 1 UPS yang dibangun, yaitu di Jalan Merdeka, Sukmajaya. Sebanyak 34 lainnya hanya dijadikan tempat pembuangan sampah sementara. (KG/J-2)

Baca Juga

Antara/Muhamamd Adimaja

KNKT Terus Investigasi Pencarian CVR  SJ 182 di Pulau Lancang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 21 Januari 2021, 19:04 WIB
"Kami dari KNKT sebagai tanggung jawab akan melakukan investigasi. Kami masih akan terus melakukan pencarian CVR yang sampai hari ini...
Antara?Hafidz Muabrak A

Operasi SAR SJ 182 Dihentikan, Basarnas tetap Pantau Lokasi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 21 Januari 2021, 18:56 WIB
Kepala Basarnas Marsma TNI Bagus Puruhito mengatakan operasi SAR ditutup setelah berjalan selama 13 hari sejak pesawat jatuh pada Sabtu,...
Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Operasi Pencarian Sriwijaya Air Disetop, 43 Korban Teridentifikasi

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 21 Januari 2021, 18:00 WIB
Hari ini (21/1) merupakan operasi terakhir tim SAR gabungan dalam pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Pencarian pesawat dan korban...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya