Jumat 03 Januari 2020, 05:15 WIB

Korban Tewas Banjir Jabodetabek Capai 30 Orang

Candra Yuri Nuralam | Megapolitan
Korban Tewas Banjir Jabodetabek Capai 30 Orang

ANTARA/Irsan Mulyadi
Warga menyelamatkan diri dari banjir

 

SEBANYAK 30 orang meninggal hingga Kamis (2/1) pukul 21.00 WIB akibat banjir di sejumlah wilayah di Jabodetabek. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menangani pengungsi.

"Data dikumpulkan oleh BNPB dari Pusat Krisis Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, BPBD, TNI, POLRI, dan sumber lainnya. Sampai dengan pukul 21.00 WIB, jumlah korban meninggal akibat banjir adalah 30 orang," kata Kapusdatinkom BNPB Agus Wibowo berdasar keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (2/1).

Agus mengatakan korban meninggal terbanyak berada di Kabupaten Bogor dengan jumlah 11 orang. Kemudian, sebanyak tujuh orang meninggal di Jakarta Timur.

Baca juga: BNPB: Banyaknya Korban Banjir Karena Ketidaktegasan Pemda

"Kota Bekasi dan Kota Depok masing-masing tiga orang, dan masing-masing satu orang untuk Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor dan Kota Tangerang," ujar Agus.

Agus juga mengatakan korban meninggal sebagian besar karena terseret arus banjir. Tercatat, sebanyak 17 orang tewas karena faktor ini.

"Lima orang tertimbun longsor, lima orang tersengat listrik, dan tiga orang hipotermia," tutur Agus.

Agus meminta masyarakat untuk tidak memaksakan diri tetap berada di rumah. Dia mengimbau masyarakat yang masih bertahan di rumah yang terendam banjir untuk segera mengungsi demi keselamatan.

"Jika kondisi banjir sudah surut, boleh kembali ke rumah msing-masing. Utamakan keselamatan jiwa terlebih dahulu dibanding harta," tutur Agus. (OL-2)

Baca Juga

Istimewa

Gratis Air Siap Minum Hadir di Kota Bekasi

👤Muhamad Fauzi 🕔Rabu 02 Desember 2020, 21:45 WIB
MASYARAKAT Tanpa Riba (MTR) Bekasi membangun fasilitas air minum gratis untuk masyarakat. Kali ini berlokasi di Kampung Percetakan...
Dok MI

Cek Prokes Polisi Jakbar Justru Temukan Delapan Pengguna Narkoba

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:41 WIB
13 orang yang dites, delapan diantaranya positif menggunakan narkoba. Meski demikian, polisi tak menemukan adanya narkoba di...
ANTARA/Adi Wirman

Tanggapan Dirum RS Ummi tentang Hasil Tes Usap Rizieq yang Beredar

👤Dede Susianti 🕔Rabu 02 Desember 2020, 20:33 WIB
Harapan persoalan tidak berlanjut, karena pihaknya beranggapan sudah menjadi salah satu komitmen yang disampaikan oleh Wali Kota Bogor Bima...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya