Kamis 05 September 2019, 17:10 WIB

Jajan Pakai Uang Palsu, Ibu Rumah Tangga Ditangkap

Gana Buana | Megapolitan
Jajan Pakai Uang Palsu, Ibu Rumah Tangga Ditangkap

Ist
Uang palsu

 

IBU rumah tangga, Kubul Laela Sari, 38, ditangkap lantaran diduga mengedarkan uang palsu di wilayah Setu, Kabupaten Bekasi, Rabu (4/9) kemarin. Pelaku ditangkap saat membeli biskuit dan rokok di warung kelontong Kampung Cikedokan Desa Cibening, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

“Kami tangkap setelah ada laporan dari masyarakat, ada pengedar uang palsu,” ungkap Kapolsek Setu, AKP Wahid Key, Kamis (4/9).

Baca juga: Untuk Pindahkan Pengungsi, UNHCR Terkendala Negara Penerima

Wahid mengatakan, penangkapan bermula saat warung kelontong milik Dahya didatangi pelaku. Pelaku membeli sejumlah biskuit berikut rokok menggunakan uang pecahan Rp20 ribu.

Saat hendak beranjak pergi, pemilik warung langsung memanggil pelaku dan mengabarkan jika uang yang telah diberikan palsu. Namun, pelaku tetap berkelit mengaku jika uang yang telah diberikan merupakan pecahan rupiah asli.

Sehubungan dengan itu kata Wahid, pemilik warung tak lantas memberikan kesempatan pelaku pergi. Tak lama, korban menghubungi pihak kepolisian dan pelaku langsung ditangkap. “Pemilik warung sadar itu uang palsu, hingga ditangkap pelaku itu,” kata dia.

Dari hasil pemeriksaan, jelas Wahid, ditemukan uang palsu pecahan Rp20 ribu dengan total senilai Rp940 ribu. Petugas masih melakukan pengembangan, karena berdasarkan pengakuan, pelaku beli dari orang lain dengan harga murah.

Adapun, barang bukti yang disita berupa 49 uang kertas pecahan Rp20 ribu yang diduga palsu dengan total senilai Rp940 ribu serta uang kembalian dan rokok maupun jajanan yang dibeli pelaku. Atas perbuatannya pelaku dijerat Pasal 244 KUHP subsider 245 KUHP tentang uang palsu dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. (OL-6)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

HBKB Dimulai Besok, Wagub DKI Minta Masyarakat Jaga Ketertiban

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 08:48 WIB
"Dimulai hari Minggu besok ya tanggal 22 Mei jam 6 sampai jam 10 pagi. Segala sesuatu akan disiapkan sebaik mungkin. Namun tetap...
Antara/Nyoman Hendra Wibowo

Ini Ciri Hewan yang Terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 23:53 WIB
"Ciri-cirinya yang jelas jika diperiksa mulutnya itu seperti banyak sariawan atau pecah-pecah, lidahnya juga banyak...
Ilustrasi

Polisi Buru Penyebar Hoaks Perampokan Bersenpi di Jakarta Barat

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 20 Mei 2022, 22:17 WIB
Syafri mengatakan pihaknya akan mengusut penyebar pesan tersebut karena telah meresahkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya