Kamis 08 Agustus 2019, 09:35 WIB

Ada Dugaan Keterlibatan Instansi Kasus Penipuan Rumah Mewah

Rifaldi Putra Irianto | Megapolitan
Ada Dugaan Keterlibatan Instansi Kasus Penipuan Rumah Mewah

Antara
Ilustrasi

 

SUBDIT Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya terus mendalami kasus sindikat penipu jual-beli rumah mewah di Jakarta. Tim penyidik tengah mendalami adanya dugaan keterlibatan instansi-instansi tertentu yang membantu aksi sindikat tersebut. Dirkrimum Polda Metro Jaya, Kombes Suyudi Ario Seto menyebut, adanya sertifikat balik nama yang dimiliki oleh sindikat ini setiap kali beraksi. Polisi pun fokus mencari keterkaitan intansi-intansi tertentu yang diduga membantu komplotan ini saat beraksi.

"Sedang kita dalami ke arah sana, karena kenyataannya ada sertifikat balik nama padahal si penjual tidak pernah membayar pajak sebagai penjual. Namanya persyaratan harus ada pajak penjual untuk bisa dibalik nama," kata Suyudi saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (7/8).

Ia menyebut proses balik nama rumah itu tidak mudah dan memiliki beberapa tahapan-tahapannya. Pihaknya masih menyelidiki apa sertifikat-sertifikat itu semua merupakan sertifikat palsu atau tidak.

"Tapi apakah ini memang dipalsukan sama mereka atau ada kerja sama (dengan instansi lain) ini yang kita dalami," jelasnya.

Sebelumnya, polisi menangkap tersangka D, R, S, dan A karena melakukan penipuan dengan modus membeli rumah mewah. Polisi juga sudah menangkap 3 tersangka lainnya yang juga masih dalam sindikat ini. Sindikat ini beraksi dengan cara berpura-pura membeli rumah, lalu menggadaikan surat rumah milik korbannya. Tersangka kemudian menduplikat surat rumah tersebut dan memberikannya ke korban.

baca juga: Dinas LH DKI Siapkan Sanksi Bagi Industri Pencemar Lingkungan

Rumah yang menjadi incaran kelompok ini termasuk rumah mewah seharga Rp 15 miliar lebih. Untuk memuluskan aksinya, komplotan ini menyewa rumah di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Rumah itu dijadikan kantor notaris bodong. (OL-3)

 

Baca Juga

dok.ist

Pengmas UI Optimalkan Potensi Pulau Untung Jawa dengan Digitalisasi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 19:15 WIB
PENGABDIAN masyarakat (pengmas) oleh Dosen dan civitas akademika SKSG UI dilaksanakan di Kantor Lurah Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu,...
Dok. Kejati DKI Jakarta

Kejati DKI Gelar Bakti Sosial di Lapas Kelas IIA Salemba

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 28 September 2022, 18:06 WIB
jajaran Kejati DKI memberikan bantuan berupa baju koko, 50 seragam pramuka, perlengkapan mandi untuk 2.033 orang, obat-obatan, serta lilin...
Antara

TMII akan Dibuka untuk Umum, PUPR Pastikan Tiket tidak Mahal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 28 September 2022, 17:04 WIB
Adapun kawasan wisata tersebut akan dibuka untuk umum pada November mendatang, seusai pelaksanaan KTT G20. Dikutip laman resmi TMII, tiket...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya