Jumat 26 Juli 2019, 10:12 WIB

BPTJ Hilangkan Perlintasan Sebidang di Bojong Gede

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
BPTJ Hilangkan Perlintasan Sebidang di Bojong Gede

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Warga dan pengguna kendaraan melintas di perlintasan kereta JPL 66 di Cakung, Jakarta, Jumat (10/5)

 

BADAN Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan berencana membangun underpass (terowongan) untuk menghilangkan perlintasan sebidang di Jalan Raya Bojong Gede, Kabupaten Bogor, pada tahun 2020.

Tujuannya untuk mengurangi kemacetan akibat perlintasan sebidang yang mempertemukan jalan raya dengan lintasan kereta rel listrik (KRL). Pembangunan perlintasan tidak sebidang sesuai dengan Undang-undang No. 23/2007 tentang Perkeretaapian dan Peraturan Pemerintah No.6 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Perkeretaapian.

"Betul, itu untuk menghilangkan perlintasan sebidang antara jalan raya dengan lintasan rel KRL," kata Kabag Humas BPTJ Budi Rahardjo ketika dihubungi, Jumat (26/7).

Permasalahan perlintasan sebidang tidak hanya menghambat kelancaran lalu lintas jalan namun lebih dari itu menyangkut masalah keselamatan bertransportasi.

Baca juga: Evaluasi Angkutan Lebaran, PT KAI Fokus Perlintasan Sebidang

Sudah sangat sering terjadi kecelakaan akibat kendaraan menerobos perlintasan sebidang, ditabrak kereta api sehingga menimbulkan kematian dan kerugian yang tidak sedikit.

"Perlintasan tidak sebidang (fly over/underpass) akan menghindari sama sekali risiko kecelakaan moda berbasis jalan dengan berbasis rel (KA)," ungkapnya.

Menurutnya, untuk perlintasan sebidang yang terkait dengan jalan di wilayah pemerintah daerah memang kewenangan atau kewajiban pemerintah daerah.

Tetapi dalam hal perlintasan sebidang di Bojong Gede, pemerintah pusat memberikan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor untuk membangun perlintasan tidak sebidang itu.

Setelah selesai, aset jalan akan diserahkan kepada Pemkab Bogor untuk pemeliharaan.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Lansia yang Bakar Rumah Tetangga di Jakut Jadi Tersangka

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 08 Agustus 2022, 13:08 WIB
Kapolsek Penjaringan Kompol Ratna Quratul Aini mengatakan HA dijerat dengan Pasal 187 KUHP tentang perbuatan yang sengaja menimbulkan...
ANTARA FOTO

LPSK Diharap Kabulkan Permohonan Justice Collaborator Bharada E

👤Siti Yona Hukmana 🕔Senin 08 Agustus 2022, 12:55 WIB
"Iya benar (berharap diterima JC), ini masyarakat mau transparan, Presiden (Joko Widodo) juga perintahkan apa adanya buka ini,...
ANTARA FOTO

Kuasa Hukum Ungkap Bharada E Dapat Tekanan Perintah Tembak Brigadir J

👤Siti Yona Hukmana 🕔Senin 08 Agustus 2022, 12:47 WIB
"Dari berita acara pemeriksaan (BAP) dan keterangan kepada kuasa hukum, dia (Bharada E) mendapatkan tekanan dapat perintah untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya