Senin 25 Februari 2019, 18:30 WIB

Polisi: Narkotika Baru ini Bikin Bahagia hingga Ingin Bunuh Diri

Atalya Puspa | Megapolitan
Polisi: Narkotika Baru ini Bikin Bahagia hingga Ingin Bunuh Diri

Ilustrasi/DWI APRIANI

 

DIREKTORAT Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menemukan narkotika jenis baru dalam penangkapan dua tersangka penyalahgunaan narkoba di Kemayoran, Jakarta Pusat. Narkotika tersebut merupakan MXE yang termasuk dalam narkotika golongan 1.

Kepala Sub Bidang Obat Berbahaya Laboratorium Forensik Polri AKBP Jaswanto menyatakan narkotika jenis baru tersebut dapat menimbulkan perasaan bahagia hingga memunculkan keinginan bunuh diri.

"Efek jangka pendek yang dirasakan pengguna metokstamin adalah perasaan bahagia atau euforia, meningkatkan empati, perasaan damai dan tenang, halusinasi, penglihatan dan perasaan out of body. Sedangkan efek buruknya yaitu setelah menggunakan zat ini adalah kesulitan berbicara ada perasaan bingung ,cemas, gemetar, mual, muntah, paranoid, dan keinginan bunuh diri," kata Jaswanto di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (25/2).

Jaswanto menjelaskan, dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh pusat laboratorium forensik terhadap narkoba berbentuk diamond berukuran kecil dan berwarna cokelat tersebut ditemukan sejumlah kandungan yakni metokstamin, kafein, dan ketamin.

Baca juga: Tujuh Paket Narkoba Ditemukan di Kolong Tol Tanjung Priok

Kini narkotika tersebut diproduksi secara masif dengan sistem pabrikan. Untuk itu, pihaknya berharap agar polisi dapat menghadang penyebaran narkotika jenis baru tersebut.

"Mudah-mudahan narkoba jenis baru ini bisa ditangani keseluruhanya," tutup Jaswanto.

Sebelumnya, polisi berhasil menangkap dua orang berinisial SS dan ST di kawasan Jakarta Pusat. Dalam salah satu Tempat Kejadian Perkara (TKP), yakni di salah satu apartemen di Kemayoran Jakarta Pusat, ditemukan sebanyak 9000 butir MXE yang merupakan narkotika jenis baru.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Hot Wheels

Kolaborasi Hot Wheels-Supermal Karawaci-Toys Kingdom Gelar Hot Wheels Challenge Accepted

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 17:56 WIB
Hot Wheels Challenge Accepted diharapkan dapat menghadirkan keseruan melalui kompetisi diecast Hot Wheels serta melihat koleksi Hot Wheels...
ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Nama Jalan Diubah, Wagub DKI Pastikan Perubahan Dokumen Digratiskan

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 12:36 WIB
Dirinya telah memerintahkan jajarannya untuk segera menyiapkan blanko gratis bagi para warga yang akan mengubah dokumen, khususnya dalam...
ANTARA/Asprilla Dwi Adha

25.804 Lulusan SD di Kota Depok tidak Tertampung di SMP Negeri

👤Kisar Rajaguguk 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 11:02 WIB
“Jumlah siswa yang tidak diterima di SMP Negeri 2022/2023 kurang lebih 25.804 anak. Sementara jumlah SMP Negeri cuma 33. Jadi yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya