Rabu 16 November 2022, 14:07 WIB

Banjir Bandang Sapu Kota Eugowra di Australia

Cahya Mulyana | Internasional
Banjir Bandang Sapu Kota Eugowra di Australia

The Guardian
Banjir di Eugowra.

 

Banjir bandang menghancurkan sejumlah bangunan di Kota Eugowra, sekitar 350 kilometer (220 mil) barat Sydney pada Senin (14/11). Wilayah itu yang berada di pantai timur Australia ini telah berulang kali disapu oleh hujan deras dalam dua tahun terakhir, didorong oleh siklus La Nina yang berurutan.

Juru bicara Layanan Darurat Negara Bagian New South Wales, Steve Hall mengatakan kondisi mengerikan saat tim evakuasi memasuki ke kota berpenduduk sekitar 800 orang itu. "Semua yang mereka sayangi telah tersapu oleh air. Semua harta benda mereka tertutup air dan lumpur, mereka harus kembali dan memulai dari awal, mengatasi semua proses kesedihan, kehilangan, dan kemarahan," paparnya.

Penduduk yang terdampar meringkuk di atap saat banjir memuncak pada Senin malam, sebelum mereka dievakuasi ke tempat aman dengan helikopter penyelamat. Anggota parlemen setempat, Andrew Gee mengatakan Eugowra hancur dengan mobil-mobil yang tersapu banjir dan beberapa bangunan hanya menyisakan fondasi.

"Warga berbicara tentang tsunami yang datang pada mereka," katanya kepada ABC.

Bendungan Wyangala meluap pada setelah hujan lebat dan menumpahkan sekitar 230.000 megaliter ke daerah tangkapan air di dekat Eugowra. Penduduk Kota Forbes, sekitar 40 kilometer (25 mil) barat Eugowra juga dievakuasi.

Sekitar 14 orang harus diselamatkan setelah Motel Plainsman di Forbes tenggelam. Ini adalah kedua kalinya pengunjung Forbes dievakuasi akibat banjir dalam dua minggu terakhir.

Badai besar awal tahun ini menyebabkan bencana banjir yang meluas di pantai timur Australia, yang menewaskan lebih dari 20 orang. Puluhan ribu penduduk Sydney diperintahkan untuk mengungsi pada bulan Juli ketika banjir kembali membanjiri pinggiran kota.

Para ilmuwan percaya bahwa perubahan iklim dapat membuat periode banjir menjadi lebih ekstrem karena udara yang lebih hangat menyimpan lebih banyak kelembapan. (AFP/OL-12)

Baca Juga

AFP

Rusia Tolak Batas Harga Minyak $60 Per Barel dari Uni Eropa

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 04 Desember 2022, 11:20 WIB
PEMERINTAH Rusia menolak batas harga $60 untuk minyaknya yang ditetapkan oleh sekutu Barat Ukraina, Uni Eropa, dan...
Antara/M Risyal Hidayat

Pemberian Konsesi ke Vietnam dalam ZEE Rugikan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 04 Desember 2022, 09:16 WIB
KORAL berharap, adanya keterbukaan dan pertimbangan matang dari pemerintah dalam memproses perundingan...
AFP/Jack Taylor.

Tips Liburan ke Thailand Low Budget, Pemula Merapat

👤Meilani Teniwut 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 16:20 WIB
Supaya liburan kamu tetap terasa aman dan nyaman, simak selengkapnya di bawah ini, ya! Happy...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya