Selasa 16 Agustus 2022, 22:36 WIB

Korban Tewas akibat Banjir Sudan Bertambah Menjadi 75

Mediaindonesia.com | Internasional
Korban Tewas akibat Banjir Sudan Bertambah Menjadi 75

AFP/Ashraf Shazly.
Seekor keledai duduk di genangan air setelah hujan lebat di ibu kota Sudan, Khartoum, pada 13 Agustus 2022.

 

KORBAN tewas akibat banjir yang dipicu oleh hujan lebat di Sudan telah meningkat menjadi 75 orang. Banjir juga menghancurkan atau merusak puluhan ribu rumah.

"Jumlah orang yang tewas akibat banjir naik menjadi 75 dan menyebabkan 12.551 rumah hancur total serta 20.751 lain rusak sebagian," kata pernyataan Dewan Nasional untuk Pertahanan Sipil, Selasa (16/8). Disebutkan juga bahwa sekitar 30 orang terluka.

Hujan lebat biasanya turun di Sudan antara Mei dan Oktober. Negara itu menghadapi banjir besar setiap tahun, merusak properti, infrastruktur, dan tanaman.

Negara bagian timur Kassala, negara bagian Kordofan Utara dan Selatan, negara bagian Sungai Nil, dan Darfur Selatan termasuk di antara yang terkena dampak paling parah, menurut PBB. Pada Minggu, Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA), mengutip angka pemerintah, memperkirakan sekitar 136.000 orang telah terkena dampak hujan dan banjir sejak musim hujan tahun ini dimulai.

Ia juga mengatakan jumlah orang dan daerah yang terkena dampak pada 14 Agustus meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Sekitar 314.500 orang terkena dampak di seluruh Sudan selama seluruh musim hujan pada 2021. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP

Banjir Mengerikan di Pakistan Tanda Krisis Iklim Global

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 24 September 2022, 17:15 WIB
Hujan monsun yang belum pernah terjadi sebelumnya membanjiri sepertiga negara itu menewaskan hampir 1.600 orang dan menggusur lebih dari...
AFP

Protes Kematian Mahsa Amini di Iran Kembali Bergejolak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 24 September 2022, 17:00 WIB
Iran telah memberlakukan pembatasan ketat pada penggunaan internet dalam upaya untuk menghambat pengunjuk rasa berkumpul dan menghentikan...
AFP

Biden Bersumpah Sanksi Berat Rusia jika Caplok Ukraina

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 24 September 2022, 16:45 WIB
Presiden AS Joe Biden pada hari Jumat memperingatkan Rusia akan ada biaya "cepat dan berat" jika Moskow menggunakannya untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya