Sabtu 28 Mei 2022, 14:40 WIB

Gunakan Drone, Tim SAR Terus Cari Anak Ridwan Kamil

Bayu Anggoro | Internasional
Gunakan Drone, Tim SAR Terus Cari Anak Ridwan Kamil

MI/Mohamad Irfan.
Muliaman Hadad.

 

PENCARIAN Emmeril Khan Mumtadz yang hilang terseret arus Sungai Aaree, Bern, Swiss, terus dilakukan. Hingga Sabtu (28/5), tim SAR setempat belum berhasil menemukan anak gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut.

Hal itu disampaikan Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D. Hadad, saat konferensi pers secara virtual bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Menurutnya, hingga saat ini belum diketahui tanda-tanda keberadaan alumnus ITB tersebut.

"Kami berharap doa bersama agar pencarian yang dilakukan berhasil baik. Kita tidak boleh putus untuk berikhtiar. Mudah-mudahan menghasilkan yang terbaik," katanya.

Muliaman memastikan pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait terutama otoritas Swiss. "KBRI Bern terus melakukan koordinasi erat dengan direktorat perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Indonesia serta mendiskusikan upaya-upaya yang dapat dioptimalkan dalam proses pencarian ini," katanya.

Terpenting, dia pun memastikan tim SAR terus melakukan pencarian sehingga tidak ada batas waktu dalam upaya ini. "KBRI berkoordinasi dengan polisi (setempat). Mereka telah mengupayakan pencarian darurat di sekitar area sungai, area renang. Pihak kepolisian membentuk tim SAR yang langsung menyisir seluruh area potensial," kata dia.

Menurutnya, dalam setiap pencarian sejak hari pertama, tim SAR berjumlah 20 orang yang terdiri dari polisi sungai, polisi medis, dan pemadam kebakaran. "Pada masa darurat, sejak 15 menit laporan diterima, tim SAR lakukan pemindaian," katanya

Bahkan, dia memastikan petugas sudah melakukan pencarian sejak 10 menit menerima laporan hilangnya Eril, sapaan akrab Emmeril. "Hari ini Sabtu 28 Mei, tim SAR masih akan melanjutkan upaya pencarian Eril," ujarnya.

Baca juga: Relawan Ridwan Kamil Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Emmeril

Bahkan, dia memastikan metode pencarian pada pagi hari waktu setempat ini lebih intensif karena menggunakan perahu, dan drone untuk menyisir tepian Sungai Aaree. "Pencarian pun dilakukan dengan penyelaman yang disesuaikan dengan situasi," katanya.

Pada pencarian hari pertama pun, menurutnya, petugas sudah menggunakan drone yang berfungsi mendeteksi keberadaan manusia berdasarkan sensor panas tubuh. "Sekarang menggunakan drone juga, tetapi fungsinya yang berbeda," kata dia.
(OL-14)

Baca Juga

Dok Zayed Award

Pendaftaran Nominator Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia 2023 Dibuka

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 12:48 WIB
Panitia Penyelenggara Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia 2023 mulai membuka pendaftaram nominator. Pendaftaran event kali keempat ini...
AFP/SHURAN HUANG

Retno Sebut Semua Menlu G20 Cari Solusi bagi Dunia

👤Cahya Mulyana 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:58 WIB
"Alhamdulillah per hari ini kita telah mendapatkan konfirmasi melalui saluran diplomatik bahwa semua menteri luar negeri anggota G20...
ANTARA/Muchlis Jr

Presiden Kembali ke Tanah Air dari Abu Dhabi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 23:35 WIB
Sebelum mengunjungi PEA, Presiden Jokowi mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya