Selasa 18 Januari 2022, 05:40 WIB

26 Orang Tewas akibat Gempa di Afghanistan

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
26 Orang Tewas akibat Gempa di Afghanistan

AFP
Grafis yang menggambarkan lokasi gempa berkekuatan 5,3 SR di Afghanistan.

 

SEBANYAK 26 orang dilaporkan tewas setelah gempa bumi melanda Afghanistan barat, Senin (17/1).

“Para korban tewas ketika atap rumah mereka runtuh di Distrik Qadis di Provinsi barat Badghis,” kata juru bicara Provinsi Baghdis, Baz Mohammad Sarwary.

Gempa dangkal itu berkekuatan 5,3 SR, menurut Survei Geologi AS.

"Lima perempuan dan empat anak-anak termasuk di antara 26 orang yang tewas dalam gempa bumi itu," tutur Sarwary, seraya menambahkan empat lainnya terluka.

Baca juga: Sekjen PBB Serukan Pencegahan Derita Lebih Parah di Afghanistan

Dia menjelaskan, gempa itu juga menimbulkan kerusakan di perkampungan di Distrik Muqr di provinsi itu tetapi rinciannya, termasuk korban jiwa, masih belum tersedia.

Afghanistan sudah berada dalam cengkeraman bencana kemanusiaan, diperburuk dengan pengambilalihan kekuasaan oleh Taliban pada Agustus, sehingga negara-negara Barat membekukan bantuan internasional dan akses ke aset yang disimpan di luar negeri.

Qadis adalah salah satu daerah yang paling parah terkena dampak kekeringan yang menghancurkan, hanya mendapat sedikit manfaat dari bantuan internasional dalam 20 tahun terakhir.

Negara ini sering dilanda gempa bumi, terutama di pegunungan Hindu Kush, yang terletak di dekat persimpangan lempeng tektonik Eurasia dan India.

Gempa bumi dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada rumah dan bangunan yang dibangun seadanya di Afghanistan yang miskin.

Pada 2015, hampir 280 orang tewas ketika gempa berkekuatan 7,5 SR yang berpusat di pegunungan melanda Asia Selatan, dengan sebagian besar kematian dilaporkan terjadi di Pakistan.

Dalam bencana itu, 12 gadis muda Afghanistan tewas terinjak-injak saat mereka mencoba melarikan diri dari gedung sekolah mereka yang berguncang. (France24/OL-1)

Baca Juga

Alexander Shatov/ Unsplash

Twitter Beri Label Peringatan di Konten Menyesatkan Terkait Konflik Ukraina

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:22 WIB
Label peringatan itu akan mengingatkan pengguna bahwa cuitan yang bersangkutan telah melanggar aturan...
dok.Ant

Soal UAS, Indonesia Hormati Kedaulatan Singapura

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 20 Mei 2022, 09:16 WIB
SEMUA negara memiliki kedaulatan dan kebijakan imigrasi masing-masing. Maka Indonesia menghormati keputusan Singapura atas penolakan masuk...
AFP

Taiwan Minta WHO Lihat Prestasinya Redam Covid-19

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 20 Mei 2022, 09:13 WIB
Taiwan berhasil keluar dari pandemi virus ini dengan sejumlah terobosan namun tidak diakui organisasi kesehatan dunia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya