Kamis 04 November 2021, 18:55 WIB

Digitalisasi Desa, Instrumen Promosi Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Ekonomi

Media Indonesia | Internasional
Digitalisasi Desa, Instrumen Promosi Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Ekonomi

dok/KEMENDAGRI
Direktur Jenderal CIRDAP Cerdsak Virapat

 


PERTEMUAN Komite Teknis (Technical Committee) TC-36 dan Tata Kelola Desa, organisasi Center on Integrated Rural Development for Asia and Pacific (CIRDAP) 2021, digelar di Indonesia.

Indonesia pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sidang Technical Committee CIRDAP pada 1992, 2005 dan 2013, serta satu kali Sidang Governing Council.

Berdasarkan keputusan Sidang TC-31 CIRDAP di Kuala Lumpur Malaysia dan TC-34 Tahun 2019 di India, maka Indonesia mestinya menjadi tuan rumah TC-35 CIRDAP pada tahun 2020. Namun karena kondisi pandemi covid-19, maka pelaksanaan TC-35 CIRDAP dilaksanakan secara virtual.

Seluruh negara anggota CIRDAP yang hadir pada Sidang Virtual Ke-35 Technical Committee CIRDAP (TC-35) sepakat, Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Sidang TC-36 CIRDAP 2021, pada November.

Rangkaian kegiatan TC-36 CIRDAP 2021 sudah dimulai sejak 26 Oktober 2021 dengan Workshop Internasional bertajuk Learning from Covid-19 Experiences and the Future Scenario of Village Governance.

Pada kesempatan itu, DirekturJenderal CIRDAP Cerdsak Virapat berharap kepada semua penyaji materi dan panelis memberikan sumbangsih pengalaman dan pemikiran demi kemajuan tata Kelola pemerintahan desa, khususnya pada kondisi saat ini di tengan pandemi atau wabah yang meluas.

Pada 2-4 November 2021, digelar workshop lanjutannya dengan tajuk Village Management through Village Governance for Digital-based Village Economic Development and Empowerment.

Pada tahap ini, seluruh perwakilan negara anggota juga melakukan pertemuan virtual tahunan CIRDAP untuk Komite Teknis, yang membahas sejumlah hal strategis terkait organisasi serta event TC selanjutnya di tahun mendatang. Pada tahun ini dilakukan secara virtual.

Pada kesempatan itu, DirekturJenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Yusharto Huntoyungo menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini, bisa didapatkan pembelajaran daripandemi covid-19 di Indonesia.

Di antaranya pentingnya peningkatan kapasitas bagi perangkat desa, pemanfaatan aplikasi yang semakin massif, sebagai bagian dari digitalisasi pemerintahan desa, bekerja dalam tim dengan pendekatan pentahelix, serta peningkataninfrastruktur informasi dan teknologi (IT) hingga menjangkau seluruh desa. Selain itu juga pemanfaatan data secara terintegrasi, perbaikan mekanisme kerja, serta koordinasi dari pemerintah kecamatan hingga pemerintah pusat.

Direktorat Jenderal Pemerintahan Desa Kementerian dalam Negeri merupakan pemangku acara TC-36 CIRDAP 2021 mewakili Indonesia sebagai negara anggota CIRDAP.

Organisasi CIRDAP beranggotakan 15 negara yakni Afghanistan, Bangladesh (Host State),Fiji, India, Indonesia, Iran, Lao PDR, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Philippines, Sri Lanka, Thailand dan Vietnam. (N-2)

Baca Juga

AFP/Atta Kenare.

Pembicaraan Nuklir Iran Segera Dilanjutkan setelah Buntu Berbulan-bulan

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:49 WIB
Selama pembicaraan di Wina yang bertujuan menghidupkan kembali perjanjian itu, Iran berulang kali meminta jaminan dari pemerintahan Biden...
AFP/RUMGAPRES

Lawatan Presiden ke Ukraina dan Rusia Dinilai Strategis Redam Dampak Perang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 20:05 WIB
Presiden Jokowi dinilai tidak hanya berkunjung sebagai Kepala Negara, melainkan juga selaku tuan rumah dari G20...
AFP/Bandar Al-Jaloud/Istana Kerajaan Saudi.

PM Irak Datangi Putra Mahkota Saudi Redam Konflik dengan Iran

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 19:54 WIB
Irak selama setahun terakhir menjadi tuan rumah lima putaran pembicaraan antara dua rival regional itu. Sesi terakhir diadakan pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya