Kamis 28 Oktober 2021, 17:13 WIB

India Uji Coba Rudal Balistik dengan Jangkauan 5.000 Km

Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
India Uji Coba Rudal Balistik dengan Jangkauan 5.000 Km

AFP/Punit Paranjpe.
Anggota tim Suryakiran Angkatan Udara India.

 

INDIA telah menguji rudal balistik yang mampu membawa hulu ledak nuklir hingga 5.000 km. Rudal Agni-5 meluncur dari Pulau Abdul Kalam di lepas pantai timur India pada Rabu (27/10) malam dan jatuh ke Teluk Benggala.

"Uji coba yang berhasil sejalan dengan kebijakan yang dinyatakan India untuk memiliki pencegahan minimum yang kredibel yang mendasari komitmen Tanpa Penggunaan Pertama (senjata nuklir)," kata pernyataan Kementerian Pertahanan. Rudal setinggi 17 meter itu telah diuji beberapa kali sebelumnya, tetapi tidak pada malam hari. 

Media lokal mengatakan bahwa waktu tersebut ditujukan untuk mengirim sinyal ke Beijing. Ketegangan dengan Tiongkok telah meningkat sejak 20 tentara India tewas dalam bentrokan di perbatasan Himalaya yang disengketakan pada Juni tahun lalu.

Para tetangga bersenjata nuklir sejak itu memperkuat perbatasan dengan puluhan ribu tentara tambahan. India telah memperdalam kerja sama pertahanan dengan negara-negara Barat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk dalam aliansi Quad dengan Amerika Serikat, Jepang, dan Australia.

New Delhi juga merupakan pembeli utama perangkat keras militer Rusia dan memesan sistem pertahanan rudal S-400 Moskow meskipun ada ancaman sanksi AS atas kesepakatan senilai US$5,4 miliar itu. The Financial Times melaporkan bulan ini bahwa Tiongkok telah menguji rudal hipersonik yang mengelilingi bumi pada orbit rendah sebelum turun, tetapi gagal mencapai targetnya.

Beijing membantah laporan itu dan berkeras itu hanya tes rutin kendaraan luar angkasa yang dapat digunakan kembali. Hipersonik merupakan teknologi baru rudal, karena dapat terbang lebih rendah dan lebih sulit dideteksi daripada rudal balistik, mencapai target lebih cepat, dan mampu bermanuver.

Baca juga: Tiongkok Menentang Hubungan Militer Antara AS dan Taiwan

AS, Rusia, Tiongkok, dan Korea Utara telah menguji rudal hipersonik dan beberapa lain sedang mengembangkan teknologi tersebut. Menurut Times of India, New Delhi sedang bekerja untuk memungkinkan Agni-5 membawa beberapa hulu ledak nuklir sekaligus sehingga mereka dapat berpisah dan mencapai target yang berbeda. (Straitstimes/OL-14)

Baca Juga

Medcom.id/M Rizal

Norwegia Perketat Aturan Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Desember 2021, 10:07 WIB
Pekan lalu, ledakan kasus covid-19 varian Omicron ditermukan di antara puluhan pengunjung pesta yang semuanya telah...
AFP/DANIEL MUNOZ

Terpapar Covid-19, Sekjen PBB Isolasi Diri

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 08 Desember 2021, 09:58 WIB
Juru bicara Sekjen PBB Stephane Dujarric mengungkapkan, beberapa hari lalu, Guterres menerima vaksin boster...
AFP

Sekjen PBB Antonio Guterres Terpapar Covid-19 Jalani Isolasi

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 08 Desember 2021, 09:57 WIB
SEKRETARIS Jenderal PBB Antonio Guterres terpapar virus korona pada Selasa dari seorang pejabat PBB yang terkena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya