Jumat 15 Oktober 2021, 16:36 WIB

Jadi Anggota Majelis HAM PBB, Malaysia Bela Palestina dan Rohingya

Mediaindonesia.com | Internasional
Jadi Anggota Majelis HAM PBB, Malaysia Bela Palestina dan Rohingya

AFP/Evan Schneider/PBB.
PM Malaysia Muhyiddin Mohd Yassin saat ia berbicara secara virtual pada debat umum sesi ke-75 Majelis Umum PBB, September lalu.

 

MALAYSIA telah diberi kepercayaan melalui pelantikannya sebagai anggota Majelis Hak Asasi Manusia (MHAM) periode 2022-2024 saat pemilihan menyambut Sesi ke-76 Sidang Umum PBB di New York, Kamis (14/10). Kementerian Luar Negeri Malaysia dalam pernyataannya di Putrajaya, Jumat, menyebutkan dalam pemilihan tersebut Malaysia berhasil meraih sebanyak 183 suara.

Itu merupakan bukti pengakuan dan keyakinan masyarakat internasional terhadap usaha dan peran Malaysia dalam membina kesepakatan serta menyumbang kemajuan HAM di internasional. Malaysia akan mengambil peluang keanggotaan Majelis HAM kali ini untuk memberi penekanan kepada kepentingan dalam memupuk semangat bekerja sama, keterlibatan yang menyeluruh, terbuka, saling hidup secara aman, dan menghormati antara satu sama lain.

"Sebagai anggota, Malaysia akan memperjuangkan hak golongan rentan terutama anak-anak, wanita, penduduk asli, dan warga usia lanjut. Malaysia berupaya untuk memberdayakan golongan muda terutamanya dalam proses membuat keputusan di semua tingkatan," katanya. 

Malaysia akan mengutamakan akses kepada lingkungan yang selamat, bersih, sehat, dan lestari sebagai hak asasi manusia yang perlu dilindungi dan dipromosikan, sebagaimana diakui oleh Majelis HAM baru-baru ini."Di tingkat internasional, Malaysia akan terus membantah sekeras-kerasnya penindasan HAM yang dilakukan, di antaranya terhadap rakyat Palestina dan Rohingya di Myanmar," katanya. 

Baca juga: Bill Clinton Masuk Rumah Sakit dengan Infeksi bukan Covid-19

Pada masa yang sama, Malaysia juga akan bekerja sama dalam usaha pembangunan kembali Afghanistan. Malaysia sebelum ini telah menjadi anggota MHAM sebanyak dua kali, yaitu pada 2006-2009 dan 2010-2013 dengan mengambil pendekatan yang seimbang dan tidak memihak unsur politik mana pun dalam menangani isu HAM. (Ant/OL-14)

Baca Juga

AFP/Jonathan Nackstrand.

Gereja Swedia Selidiki Tindakan Apartheid oleh Israel di Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Desember 2021, 17:30 WIB
Dewan telah diinstruksikan untuk mengangkat isu pengawasan pelaksanaan hukum internasional di Israel dan Palestina juga dari perspektif...
AFP/Mohd Rasfan

WHO Peringati Asia-Pasifik Bersiap Hadapi Lonjakan Infeksi Covid-19 Varian Omicron 

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 16:57 WIB
Varian tersebut telah dilaporkan di belasan negara dan mulai memasuki Asia minggu ini, dengan kasus dilaporkan dari Australia, Jepang,...
Medcom.id/Annisa Ilustrasi virus korona (covid-19).

Malaysia Deteksi Kasus Pertama Varian Omicron

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 14:15 WIB
Portal berita Malaysiakini melaporkan, siswa tersebut saat ini dikarantina bersama dengan lima orang lainnya yang berada di bus bersama...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya