Selasa 28 September 2021, 07:11 WIB

Korut Tembakkan Proyektil tidak Dikenal

Nur Aivanni | Internasional
Korut Tembakkan Proyektil tidak Dikenal

AFP/Jung Yeon-je
Ilustrasi--seorang warga Korsel menonton televisi yang menampilkan berita uji coba rudal balistik oleh Korut.

 

KOREA Utara (Korut) menembakkan proyektil tidak dikenal ke laut lepas pantai timurnya, menurut militer Korea Selatan (Korsel), Selasa (28/9). Namun, tidak ada rincian lebih lanjut yang segera tersedia dari Kepala Staf Gabungan Korsel.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan kepada AFP dengan syarat anonim bahwa proyektil itu tampaknya adalah rudal balistik.

Peluncuran itu dilakukan hanya beberapa hari setelah saudara perempuan Pemimpin Korut Kim Jong Un, Kim Yo Jong, penasihat utama saudara laki-lakinya, menggantungkan prospek KTT antar-Korea.

Baca juga: Afghanistan Bakal Absen Berpidato di Sidang Umum PBB

Tapi, dia bersikeras bahwa ketidakberpihakan dan saling menghormati akan diperlukan. 

Dia pun mengutuk apa yang disebutnya sebagai "standar ganda" kritik Selatan dan AS terhadap perkembangan militer Utara, sementara sekutu membangun kekuatan mereka sendiri.

Dalam beberapa hari terakhir, Presiden Korsel Moon Jae-in, yang hanya tinggal beberapa bulan lagi menjabat, telah mengulangi seruannya yang sudah berlangsung lama untuk deklarasi berakhirnya Perang Korea secara resmi.

Korut menginvasi Korel pada 1950 dan permusuhan berhenti tiga tahun kemudian dengan gencatan senjata bukan perjanjian damai.

Pyongyang berada di bawah serangkaian sanksi internasional atas program senjata nuklir dan rudal balistik mereka yang dilarang.

Korut telah melakukan beberapa uji coba rudal bulan ini, salah satunya melibatkan rudal jelajah jarak jauh dan rudal balistik jarak pendek lainnya, menurut militer Korsel.

Seoul juga berhasil menguji coba rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam untuk pertama kalinya, yang menjadikannya salah satu dari segelintir negara dengan teknologi canggih. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP/Hector RETAMAL

Varian Omikron Muncul Lagi di Xinjiang dan Tibet saat Puncak Liburan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 23:30 WIB
Selama 1-21 Juli 2022, Xinjiang telah menerima 25,5 juta wisatawan atau naik 15,7% jika dibandingkan dengan periode yang sama...
AFP/Tang Chhin Sothy.

UE Serahkan Teks Final Kesepakatan Nuklir, Respons AS dan Iran Ditunggu

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:53 WIB
Uni Eropa mengatakan Selasa (9/8) bahwa mereka mengharapkan Teheran dan Washington untuk sangat cepat menanggapi teks final yang...
AFP/Anwar Amro.

Hizbullah Peringatkan Israel tidak Serang Milisi Palestina di Libanon

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 09 Agustus 2022, 22:42 WIB
Pemimpin Hizbullah Libanon Sayyed Hassan Nasrallah, Selasa (9/8), memperingatkan Israel agar tidak memperluas target serangannya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya