Sabtu 19 Juni 2021, 21:36 WIB

Ebrahim Raisi Raih 62% Suara dalam Partisipasi Pilpres Terendah

Mediaindonesia.com | Internasional
Ebrahim Raisi Raih 62% Suara dalam Partisipasi Pilpres Terendah

AFP/Atta Kenare.
Ebrahim Raisi.

 

ULAMA ultrakonservatif Iran Ebrahim Raisi terpilih sebagai presiden dengan hanya di bawah dari 62% suara atau tepatnya 61,95%. Ini menurut angka yang dirilis Sabtu (19/6) oleh Menteri Dalam Negeri Abdolreza Rahmani Fazli.

Jumlah pemilih untuk pemilihan presiden Iran, Jumat (18/6), sebesar 48,8% dari lebih dari 59 juta pemilih yang memenuhi syarat. Kata Fazli, angka ini rekor terendah untuk pemilihan presiden di republik Islam itu.

Di tempat kedua dengan selisih lebar ialah ultrakonservatif Mohsen Rezai, mantan komandan Korps Pengawal Revolusi Islam, yang meraih 11,8%. Dia diikuti satu-satunya reformis yang tersisa dalam pilpres, mantan kepala bank sentral Abdolnasser Hemmati, yang mencetak 8,4%.

Tempat terakhir dari empat kandidat ialah ultrakonservatif lain, Amirhossein Ghazizadeh-Hashemi, yang memenangkan 3,5%. Lebih dari 3,7 juta surat suara dinyatakan batal. Ini berarti lebih banyak suara yang batal daripada yang dimenangkan oleh Rezai pada posisi kedua.

 

Tiga dari tujuh kandidat mengundurkan diri dua hari sebelum pemilihan. Mereka ialah reformis Mohsen Mehralizadeh, ultrakonservatif Saeed Jalili, dan Alireza Zakani. (AFP/OL-14)

 

Baca Juga

AFP/William West

Australia-Singapura Segera Buka Travel Bubble dengan Bebas Karantina

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:27 WIB
Rencana kebijakan itu akan dimulai minggu depan. Pengaturan pertama akan difokuskan bagi pelajar dan pelancong bisnis yang sudah...
AFP/Saudi Royal Palace/Bandar Al-Jaloud.

Ini Syarat Saudi kepada AS untuk Normalisasi Hubungan dengan Israel

👤Mediaindonesia.co 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:05 WIB
Pemimpin Saudi mengatakan kepada Sullivan bahwa membangun hubungan diplomatik penuh dengan Israel akan memakan waktu dan sejumlah langkah...
Antara

Menlu RI: Perkuat Kerja Sama Negara Pasifik Lewat Pasific Exposition

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 20:40 WIB
Kegiatan yang mencakup pameran perdagangan, investasi dan pariwisata di kawasan Pasifik, diselenggarakan pada 27-30 Oktober 2021...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya