Selasa 15 Juni 2021, 15:46 WIB

Beijing Tuduh NATO Membesarkan Teori Ancaman Tiongkok

Nur Aivanni | Internasional
Beijing Tuduh NATO Membesarkan Teori Ancaman Tiongkok

AFP
Ilustrasi Tiongkok

 

BEIJING menuduh NATO membesar-besarkan ancaman dari Tiongkok dan menciptakan konfrontasi, setelah janji dari sekutu Barat untuk bekerja sama mengatasi tantangan yang ditimbulkan oleh kebijakannya.

Pada Senin, para pemimpin NATO mengatakan akan bergabung melawan tantangan sistemik yang ditimbulkan oleh kebijakan Tiongkok, ketika Presiden AS Joe Biden memperbarui hubungan Transatlantik Washington pada KTT pertamanya dengan sekutu.

Dalam sebuah pernyataan, para pemimpin mengatakan tindakan Tiongkok yang semakin tegas dalam membangun persenjataan nuklir dan kemampuan antariksa dan perang siber mengancam tatanan internasional.

Menanggapi hal tersebut, sebuah pernyataan dari Misi Tiongkok untuk Uni Eropa menyerukan NATO untuk melihat perkembangan Tiongkok secara rasional, berhenti membesar-besarkan berbagai bentuk 'teori ancaman Tiongkok' dan tidak menggunakan kepentingan yang sah dan hak hukum Tiongkok sebagai alasan untuk memanipulasi politik kelompok, sementara secara artifisial menciptakan konfrontasi.

Baca juga: Biden Galang Dukungan NATO untuk Lawan Tiongkok

Pernyataan tersebut menambahkan bahwa tuduhan NATO adalah fitnah terhadap perkembangan damai Tiongkok.

"Salah menilai situasi internasional dan perannya sendiri, dan itu adalah kelanjutan dari mentalitas Perang Dingin dan psikologi politik kelompok itu yang sedang bekerja," katanya.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan sekutu akan berusaha untuk bekerja sama dengan Tiongkok pada isu-isu global, seperti perubahan iklim - tetapi mengecam sikap Beijing yang semakin tegas pada isu-isu lain.

Itu disampaikan sehari setelah kedutaan besar Tiongkok di Inggris membalas G-7 karena manipulasi politik, setelah kelompok itu mengkritik catatan hak asasi manusia Tiongkok di Xinjiang dan Hong Kong. (Straits Times/OL-5)

Baca Juga

AFP/Jack Guez.

Menhan Israel akan Bahas Spyware Pegasus dengan Prancis

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 18:05 WIB
Ada sejumlah topik yang akan dibahas, seperti krisis di Libanon, negosiasi nuklir dengan Iran, dan malware Pegasus yang dibuat oleh...
STR / AFP

Junta Myanmar Batalkan Hasil Pemilu yang Menangkan Partai Suu Kyi

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 16:10 WIB
Investigasi telah mengungkap lebih dari 11 juta kasus kecurangan dalam pemilihan di mana Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Suu Kyi...
AFP/Saeed Khan.

Varian Delta Terkendali, Melbourne akan Cabut Lockdown

👤 Nur Aivanni 🕔Selasa 27 Juli 2021, 13:17 WIB
Setidaknya selama dua minggu, masyarakat tidak dapat mengundang tamu ke rumah mereka dan jumlah orang dalam pertemuan di luar ruangan akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya