Selasa 18 Mei 2021, 11:26 WIB

Topan Tauktae Landa Pantai Barat India, 20 Orang Dilaporkan Tewas

mediaindonesia.com | Internasional
Topan Tauktae Landa Pantai Barat India, 20 Orang Dilaporkan Tewas

Punit PARANJPE / AFP
Topan Tauktae yang melanda wilayah barat India telah memicu banjir dan sejumlah rumah rusak. Jalan tol di pinggiran Kota Diu tergenang.

 

TOPAN besar menghantam India pada Selasa (18/5), dengan angin kencang dan hujan deras yang menyebabkan sedikitnya 20 orang tewas.

Di tengah gelombang 'tsunami' kasus Covid-19, dengan serangan topan besar, pemerintah India pun terpaksa menghentikan program vaksinasi Covid-18 yang sangat dibutuhkan negara itu dalam upaya mengendalikan wabah Covid-19.

Topan besar yang dinamai ‘Tauktae’ menghantam sebagian besar wilayah India. Topan telah memicu mengirimkan gelombang besar menghantam pantainya, mengubah jalan-jalan menyerupai sungai, dan memaksa ratusan ribu orang mengungsi.

Sebelumnya, pusaran besar pernah melanda beberapa wilayah dalam beberapa dekade terakhir. Pusaran besar yang memicu topan telah merenggut banyak nyawa di Kerala, Goa, Maharashtra dan Gujarat. Topan yang menerjang menyapu rumah-rumah dan menumbangkan pohon serta tiang listrik.

Terkait terpan topan Tauktae, otoritas Mumbai pun terpaksa menutup bandara dan mendesak orang untuk tinggal di dalam rumah.

Tak hanya itu, Mumbai memindahkan sekitar 600 pasien Covid-19 di rumah sakit lapangan "ke lokasi yang lebih aman".

Sementara itu, permukaan laut membengkak setinggi tiga meter (10 kaki) di dekat kota tepi laut, Kota Diu.

Dua kapal angkatan laut dikerahkan untuk membantu dalam operasi pencarian dan penyelamatan untuk sebuah tongkang yang membawa 273 orang yang terapung-apung di lepas pantai Mumbai. Kementerin Pertahanan India mengatkan, Senin (17/5) malam, 28 orang telah diselamatkan.

Topan Tauktae yang merupakan badai siklon melanda Gujarat pada Senin (17/5) dan kembali bergerak pada Selasa (18/5). Topan Tauktae berhembus dengan kecepatan hingga 185 kilometer (115 mil) per jam. (AFP/OL-09)

 

Baca Juga

AFP/Abbas Momani.

Uni Eropa Desak Penyelidikan atas Tewasnya Aktivis HAM Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 23:24 WIB
Utusan UE untuk Palestina mengatakan pada saat itu bahwa kekerasan terhadap politisi dan pembela hak asasi manusia tidak dapat...
AFP/Abbas Momani.

Aktivis HAM Tewas, Warga Palestina Desak Presiden Mahmud Abbas Mundur

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 23:12 WIB
Pasukan keamanan menembakkan gas air mata. Satu pengunjuk rasa dipukul di wajahnya dengan tabung dan dirawat di rumah...
AFP/Mosab Shawer.

Aktivis HAM Dipukuli sampai Tewas dalam Tahanan Otoritas Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 24 Juni 2021, 23:01 WIB
Keluarga Nizar Banat mengatakan dia dipukuli hingga tewas. Insiden itu memicu kemarahan sesama aktivis untuk melakukan protes di kota...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Talenta Muda Curi Perhatian

PIALA Eropa 2020 dipastikan telah menjadi ajang kemunculan pemain-pemain muda yang punya kemampuan mengejutkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya