Minggu 02 Mei 2021, 17:49 WIB

Kasus Covid-19 di India Melonjak, Bantuan Oksigen Berdatangan

Nur Aivanni | Internasional
Kasus Covid-19 di India Melonjak, Bantuan Oksigen Berdatangan

AFP
Petugas di bandara India membongkar bantuan oksigen dari Prancis.

 

INDIA menghadapi lonjakan kasus covid-19, disertai tingginya kasus kematian. Bantuan medis darurat dari berbagai negara pun mulai berdatangan untuk mengatasi kekurangan oksigen di India.

Pada Minggu waktu setempat, kasus kematian akibat covid-19 di India naik ke rekor baru, yakni sebanyak 3.689 orang. Jumlah keseluruhan kasus kematian di negara dengan populasi 1,3 miliar itu mencapai 215.000 orang.

India menetapkan rekor baru hampir setiap hari untuk infeksi covid-19 dan kasus kematian. Ketika krisis covid-19 melanda, rumah sakit di sejumlah daerah pun kewalahan menghadapi pasien covid-19.

Baca juga: Ilmuwan Sebut Pemerintah India Abaikan Peringatan Mutasi Covid-19

Dilaporkan, ada tambahan kurang dari 400 ribu kasus covid-19, sehingga totalnya menjadi 19,5 juta orang. Data terbaru itu muncul ketika peralatan medis, termasuk oksigen, diterbangkan ke New Delhi dari Prancis dan Jerman, sebagai upaya internasional yang besar.

"Kami membawa bantuan untuk menyelamatkan nyawa warga India," ujar Duta Besar Jerman untuk India Walter J. Lindner, saat 120 ventilator tiba di India pada Sabtu malam.

"Di luar sana rumah sakit penuh. Orang kadang sekarat terpaksa dirawat di luar rumah sakit. Mereka tidak punya oksigen lagi," imbuhnya.

Baca juga: India Catat 401.993 Kasus Covid-19 Baru Per Sehari

Duta Besar Prancis untuk India Emmanuel Lenain menyebut negaranya ingin menunjukkan solidaritas terhadap India. "Pandemi masih berlangsung di berbagai negara. Dunia tidak akan aman, sampai kita semua aman. Jadi ini masalah yang mendesak," pungkas Lenain.

Negara bagian Odisha di wilayah timur India, menjadi wilayah terbaru yang memerintahkan penguncian untuk menahan laju penyebaan covid-19. Adapun New Delhi melaporkan lebih dari 25.000 kasus baru pada Sabtu kemarin dan juga memperpanjang penguncian ilayah.

Rumah sakit di sejumlah wilayah terus mengeluarkan seruan SOS untuk oksigen di media sosial. Peringatan yang ramai dibahas di lini masa itu menyusul kematian sejumlah pasien covid-19 di rumah sakit.(AFP/OL-11)

Baca Juga

RONALDO SCHEMIDT / AFP

Salju Hambat Tentara Ukraina, Zelensky Mengeluh ke NATO

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 30 November 2022, 18:30 WIB
Staf Umum Ukraina mengatakan pada pasukannya telah memukul mundur enam serangan Rusia dalam 24 jam terakhir di wilayah Donbas...
Ist

Ketua BPK Isma Yatun Terpilih Jadi Ketua Panel Pemeriksa Eksternal PBB 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 14:12 WIB
Ketua BPK RI, Isma Yatun, terpilih sebagai Ketua Panel Auditor Eksternal PBB (Chair of Panel of External Auditors of the United...
AFP/Thomas Coex

Emmanuel Macron Siap Bahas Ukraina dan Perdagangan dengan Biden

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 30 November 2022, 13:44 WIB
Presiden Prancis Emmanuel Macron tiba di Washington pada hari Selasa (29/11) untuk kunjungan kenegaraan pertama kepresidenan Joe...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya