Senin 05 April 2021, 15:07 WIB

LG Resmi Tutup Bisnis Smartphone Per Juli 2021

Insi Nantika Jelita | Internasional
LG Resmi Tutup Bisnis Smartphone Per Juli 2021

Dok.MI
Ponsel LG

 

PERUSAHAAN elektronik asal Korea Selatan, LG Electronics Inc. mengumumkan akan menutup bisnis smartphone atau ponsel pintar-nya dengan mengakhiri produksi dan penjualan produk ponsel per 31 Juli mendatang.

Perusahaan itu bakal memfokuskan bisnis pada kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), rumah pintar, robotika dan kecerdasan buatan, demikian dikatakan dalam sebuah pernyataan LG dilansir Bloomberg, Senin (5/4).

Dilaporkan 8,2% penjualan dari bisnis ponsel mengalami kerugian. Perusahaan itu mengharapkan dengan adanya penutupan bisnis tersebut dapat menguntungkan secara finansial dalam jangka panjang.

Saham LG dikabarkan naik sebanyak 4,1% setelah pengumuman tersebut. Saham Afiliasi LG Display Co. juga dilaporkan naik sebanyak 6,3%.

LG sendiri diketahui sebagai salah satu pelopor sistem operasi Android, berkolaborasi dengan Google Alphabet Inc. di lini ponsel cerdas Nexus dan memproduksi beberapa kamera dan teknologi tampilan terbaik di masa-masa awal kategori tersebut.

Di Amerika Serikat, perusahaan tersebut berada di urutan ketiga di belakang iPhone Apple Inc. dan sesama raksasa Korea Selatan Samsung Electronics Co dalam memasarkan smartphone. Namun, belakangan tahun ini kompetitif LG menurun dan perusahaan baru Tiongkok, OnePlus, telah menggantikannya di tengah pangsa pasar global.

LG telah memperluas bisnis komponen kendaraannya dan bermitra dengan Magna International Inc. untuk usaha patungan membuat suku cadang penting untuk EV. Saham pembuat elektronik yang berbasis di Seoul itu melonjak lebih dari 30% sejak pengumuman tersebut, didorong oleh harapan bahwa kolaborasi tersebut dapat berkontribusi pada proyek EV Apple.

Keahlian LG dalam mengembangkan teknologi seluler dapat membantu penawarannya di ruang otomotif, seperti dalam mendeteksi niat pengguna, kantuk, atau interaksi isyarat. (Bloomberg/OL-4)

Baca Juga

DOK.KEMENLU

Kemenlu Kembali Pulangkan 14 WNI Korban Penipuan dari Kamboja

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:45 WIB
Proses pemulangan tersebut merupakan tindak lanjut hasil pertemuan Menlu RI dengan Mendagri Kamboja dan Kepala Kepolisian Kamboja pekan...
AFP/Mohammed Abed.

Konflik Mematikan Palestina dan Israel sejak 2014

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 21:33 WIB
Menyusul gejolak pertempuran terburuk di Gaza sejak perang 11 hari tahun lalu, berikut ini tinjauan kembali pada konflik mematikan...
AFP/Mohammed Abed.

Israel Runtuhkan Rumah Warga Palestina Diduga Membunuh dengan Kapak

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 19:59 WIB
Israel menghancurkan rumah dua pemuda Palestina di Tepi Barat yang diduduki pada Senin (8/8). Keduanya dicurigai melakukan serangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya