Rabu 03 Februari 2021, 09:08 WIB

Tim WHO Kunjungi Laboratorium Virus di Wuhan

Basuki Eka Purnama, Atikah Ishmah Winahyu | Internasional
Tim WHO Kunjungi Laboratorium Virus di Wuhan

AFP/HECTOR RETAMAL
Tim penyelidik WHO tiba di Institut Virologi Wuhan, Tiongkok, mencari informasi mengenai asal covid-19.

 

TIM penyelidik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Rabu (3/2), mengunjungi sebuah laboratorium di Wuhan, Tiongkok, yang dituding Amerika Serikat (AS) sebagai asal covid-19.

Kunjungan ke Institut Virologi Wuhan, yang melakukan penelitian terhadap sejumlah penyakit paling berbahaya di dunia, merupakan salah satu aktivitas yang paling disoroti dari tim WHO yang menyelidiki asal pandemi covid-19.

Misi sensitif, yang ditunda Tiongkok sepanjang tahun lalu, bertujuan mencari bagaimana cara virus korona meloncat dari hewan ke manusia.

Baca juga: Palestina Mulai Vaksinasi Covid-19 di Tepi Barat

Namun, pertanyaannya, apakah yang bisa ditemukan tim peneliti setelah pandemi covid-19 ini berlangsung sedemikian lama.

Rombongan mobil yang berisi tim peneliti WHO bergerak memasuki Institut Virologi Wuhan pada Rabu (3/2) pagi dengan mobil terdepan sempat berhenti sebentar menjawab pertanyaan wartawan.

Anggota tim WHO Peter Daszak mengatakan timnya bertekad menjalani hari yang produktif dan mendapatkan jawaban untuk sejumlah pertanyaan di fasilitas tersebut.

Ilmuwan menduga covid-19, yang pertama kali di Wuhan dan kini telah menewaskan lebih dari 2 juta orang di dunia, berasal dari kelelawar dan ditularkan ke manusia melalui hewan mamalia lainnya.

Namun, hingga kini, tidak ada bukti konkret untuk mendukung dugaan tersebut.

Di masa awal pandemi, ada spekulasi bahwa covid-19 berasal dari laboratorium di Wuhan namun tidak ada bukti juga yang membuktikan hal itu.

Mantan Presiden AS Donald Trump dan para pendukungnya mengamplifikasi rumor itu dan menuding Tiongkok sengaja membocorkan virus yang mematikan itu.

Mantan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo, tahun lalu, bersikeras bahwa AS memiliki bukti yang memadai bahwa virus itu berasal dari laboratorium tanpa menunjukkan bukti tersebut. (AFP/OL-1)

Baca Juga

Medcom.id

AS Tidak Yakin akan Kesepakatan Nuklir Iran

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:58 WIB
Perdana Menteri Israel Naftali Bennett telah menyerukan penghentian pembicaraan, yang dilanjutkan pada hari Senin. Blinken menolak...
Medcom.id

Iran: Kesepakatan Nuklir Tergantung Niat Baik Pihak Barat

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 03 Desember 2021, 09:38 WIB
AS, yang secara sepihak menarik diri dari kesepakatan pada 2018, hanya berpartisipasi dalam pembicaraan secara tidak langsung atas desakan...
AFP/Abbas Momani.

Ketika Pengendara Mobil Israel Tersesat di Wilayah Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:34 WIB
Polisi mengidentifikasi salah satu orang Israel sebagai penduduk permukiman Shiloh di Tepi Barat. Satu lagi tinggal di kota Elad yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya