Sabtu 26 Desember 2020, 19:45 WIB

Turki Ingin Hubungan Lebih Baik dengan Israel

Nur Aivanni | Internasional
Turki Ingin Hubungan Lebih Baik dengan Israel

AFP/Layanan Media Kepresidenan Turki
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

 

TURKI ingin memiliki hubungan yang lebih baik dengan Israel. Akan tetapi, Turki memiliki persoalan dengan orang-orang di tingkat atas di Israel. Hubungan Turki dengan Israel bisa menjadi sangat berbeda jika bukan karena hal tersebut.

"Kebijakan Palestina merupakan garis merah kami. Tidak mungkin bagi kami untuk menerima kebijakan Israel terhadap Palestina. Tindakan tanpa ampun mereka di sana tidak bisa diterima," kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat berbicara kepada wartawan setelah salat Jumat (25/12) di Istanbul.

"Jika tidak ada masalah di tingkat atas, hubungan kami bisa sangat berbeda," tambahnya. "Kami ingin membawa hubungan kami ke titik yang lebih baik," ucapnya.

Turki merupakan negara mayoritas Muslim pertama yang mengakui Israel pada 1949. Mereka menikmati hubungan yang hangat dan hubungan komersial yang kuat sampai Erdogan naik ke tampuk kekuasaan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Ankara berulang kali mengutuk pendudukan Israel di Tepi Barat dan perlakuan negeri Yahudi itu terhadap orang Palestina.

Turki pertama kali memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel pada 2010. Ini dilakukan setelah 10 aktivis Turki pro-Palestina dibunuh oleh pasukan komando Israel yang menaiki armada milik Turki yang mencoba mengirimkan bantuan dan mematahkan blokade maritim Israel selama bertahun-tahun di Gaza.

Blokade Israel di Jalur Gaza yang diduduki telah dilakukan sejak Juni 2007, ketika Israel memberlakukan blokade darat, laut, dan udara yang ketat di daerah tersebut. Mereka pun memulihkan hubungan pada 2016, tetapi hubungan kemudian memburuk lagi pada 2018.

Terlepas dari sikap Erdogan terhadap kebijakan Israel di Palestina, ada laporan bahwa Ankara menunjuk duta besar baru untuk Israel setelah absen selama dua tahun. (Al Jazeera/OL-14)

Baca Juga

AFP/Atta Kenare.

Hizbullah Libanon Nilai Ebrahim Raisi sebagai Perisai Lawan Israel

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 Juni 2021, 17:36 WIB
Erdogan mengatakan dia yakin kerja sama antara kedua negara akan semakin diperkuat dan dia siap bekerja sama dengan...
CHRIS STOWERS/AFP/GETTY IMAGES

Tiongkok Tekan Tujuh Staf Perdagangan Taiwan di Hong Kong

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 20 Juni 2021, 17:20 WIB
Pihak berwenang Hong Kong yang di bawah kendali Tiongkok memaksa tujuh pegawai Taiwan menandatangani janji bawah Taiwan adalah wilayah...
STR / AFP

Tiongkok Telah Beri Suntikan 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19

👤Nur Aivanni 🕔Minggu 20 Juni 2021, 16:50 WIB
Jumlah suntikan dosis Covid-19 yang diberikan di Tiongkok telah melewati angka satu miliar atau lebih dari sepertiga dari dosis Covid-19 di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya