Minggu 22 November 2020, 13:26 WIB

Prancis Ancam Deportasi Keluarga Asing yang Tolak Kartun Nabi

mediaindonesia.com | Internasional
Prancis Ancam Deportasi Keluarga Asing yang Tolak Kartun Nabi

AFP/Christophe Archambault
.

 

PEMERINTAH Prancis mengeluarkan ancaman kepada keluarga asing atau imigran muslim yang menentang kartun Nabi Muhammad dalam presentasi di sekolah akan diusir. Ini karena kartun provokatif dilindungi oleh kebebasan berbicara. Mereka yang meminta guru untuk tidak menunjukkan kartun itu juga akan dituntut.

Menteri Dalam Negeri Prancis Gerald Darmanin mengatakan itu kepada radio Prancis Eropa 1. "Keluarga asing harus memperhatikan hal itu karena mereka dapat dideportasi selama penuntutan karena melakukan kejahatan," ujarnya, Jumat (20/11).

Prancis telah melancarkan pelacakan besar-besaran terhadap komunitas muslim menyusul pernyataan Presiden Emmanuel Macron yang menyebut Islam sebagai agama bermasalah yang harus dibendung. Macron juga mendukung penerbitan kartun anti-Islam di majalah Charlie Hebdo.

Banyak organisasi nonpemerintah, masjid, dan asosiasi Muslim yang ditutup pemerintah baru-baru ini. Ini karena mereka mengkritik tindakan keras pemerintah terhadap komunitas Muslim.

Saat negara tersebut dengan gigih membela kartun antimuslim yang provokatif dengan dalih kebebasan berbicara, banyak agensi, surat kabar, dan majalah telah menghapus artikel dan mengubah isinya atas perintah pemerintah Prancis.

Sejak awal November, pemerintah Prancis telah berhasil memengaruhi empat berita utama, yaitu Financial Times, Politico, Le Monde, dan Associated Press. (fr24news/Ol-14)

Baca Juga

AFP/Fayez Nureldine.

PBB Desak Saudi Segera Bebaskan Tahanan Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:56 WIB
Kelompok itu menekankan bahwa pemerintah Saudi gagal membangun dasar hukum untuk penangkapan dan penahanan Mohammed Al Khoudary dan Hani Al...
AFP/Karim Jaafar.

Qatar Harap Sedot 1,2 Juta Wisatawan Piala Dunia 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 20:29 WIB
Qatar, dengan populasi sekitar 2,75 juta, akan menjadi negara tuan rumah Piala Dunia Timur Tengah pertama antara 21 November dan 18...
AFP/HOANG DINH Nam

Vietnam Siap Buka Kembali Pulau Phu Quoc Bagi Para Pelancong Asing

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 16:28 WIB
Pulau Phu Quoc, yang terletak sekitar 10 km dari Kamboja di Teluk Thailand, memiliki pantai pasir putih dan air jernih, serta pegunungan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya