Minggu 22 November 2020, 10:33 WIB

AS Setujui Terapi Regeneron untuk Warga Risiko Tinggi

Basuki Eka Purnama | Internasional
AS Setujui Terapi Regeneron untuk Warga Risiko Tinggi

AFP/Sarah Silbiger / GETTY IMAGES NORTH AMERICA
Kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan AS di White Oak, Maryland.

 

SEBUAH terapi antibodi covid-19 yang digunakan untuk mengobati Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Sabtu (21/11), disetujui Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk digunakan pada orang yang belum tertular virus korona namun berisiko tinggi.

Lampu hijau bagi produsen obat Regeneron diberikan setelah REGEN-COV2, kombinasi dua antibodi buatan laboratorium, terbukti mengurangi kemungkinan pasien dirawat di rumah sakit akibat covid-19.

"Mengizinkan terapi antibodi monoklonal itu akan membantu pasien menghindari rumah sakit dan mengurangi beban sistem kesehatan kita," ujar Komisioner FDA Stephen Hann.

Baca juga: Pemimpin G20 Janji Danai Distribusi Vaksin Covid-19

Presiden dan CEO Regeneron Leonard Schleifer mengatakan keputusan FDA itu adalah langkah penting dalam perang melawan covid-19 dengan memberikan terapi menjanjikan bagi mereka yang berisiko tinggi.

Terapi antibodi Regeneron merupakan terapi antibodi sintesis kedua yang mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) dari FDA setelah terapi serupa yang dikembangkan Eli Lilly mendapaykan status EUA pada 9 November.

Sistem kekebalan tubuh manusia menghasilkan protein melawan infeksi yang disebut antibodi. Namun, karena tidak semua orang menghasilkan antibodi yang memadai, perusahaan seperti Regeneron dan Lilly membuat antibodi sintesis.

FDA mengatakan data yang menunjang pemberian EUA kepada Regeneron didapatkan dari uji klinis terhadap 799 pasien dengan gejala ringan hingga menengah covid-19. (AFP/OL-1)

 

Baca Juga

AFP/Ahmad Gharabli

Saudi Izinkan Pesawat Israel Melintasi Wilayahnya

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:53 WIB
Keputusan itu muncul setelah pembicaraan antara pejabat otoritas Arab Saudi dan penasihat senior Gedung Putih Jared...
AFP/Carl De Souza

Di Era Bolsonaro, Deforestasi Amazon Melonjak Tajam

👤Nur Aivanni 🕔Selasa 01 Desember 2020, 16:19 WIB
Data menunjukkan 11.088 km persegi Hutan Amazon mengalami kerusakan sepanjang Agustus 2019-Juli 2020. Bolsonaro dinilai gagal menjaga...
AFP

Kanada Siap Tarik Pajak Digital pada Raksasa Teknologi

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Selasa 01 Desember 2020, 14:34 WIB
Melalui pungutan pajak digital, pendapatan Kanada akan meningkat hingga US$2,6 miliar dalam lima tahun. Kanada menginginkan sistem pajak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya