Jumat 28 Agustus 2020, 13:20 WIB

Menlu: Diplomasi Perbatasan Jadi Prioritas Politik Luar Negeri RI

Faustinus Nua | Internasional
Menlu: Diplomasi Perbatasan Jadi Prioritas Politik Luar Negeri RI

Dok. Kemenlu
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat mengikuti KTM-LB OKI secara daring.

 

MENTERI Luar Negeri, Retno Marsudi, kembali menegaskan diplomasi kedaulatan sebagai prioritas politik luar negeri Indonesia.

Hal itu disampaikan dalam acara Apresiasi Tim Teknis Penanganan Penetapan Batas Maritim Indonesia Periode 2015-2019. Retno menekankan dua poin penting terkait upaya pemerintah dalam menuntaskan penetapan batas maritim.

Baca juga: Indonesia Desak Israel Batalkan Rencana Aneksasi Palestina

Pertama, perundingan wajib mengedepankan cara damai sebagai komitmen Indonesia. Kedua, perundingan harus memprioritaskan norma dan prinsip hukum internasional. Khususnya Konvensi PBB Tahun 1982 tentang Hukum Laut.

Menurutnya, kepastian batas wilayah maritim akan mempercepat perwujudan tata kehidupan negara bertetangga yang damai. Hal itu juga memberikan dasar dan kepastian hukum bagi penegakan kedaulatan dan hokum. Serta, membuka peluang percepatan pembangunan nasional untuk kesejahteraan rakyat.

Perundingan penetapan batas maritim merupakan persoalan yang sangat kompleks. Sebab, melibatkan aspek kedaulatan, hak berdaulat, politik, ekonomi, yuridis serta teknis.

Baca juga: Kunjungi Tiongkok dan UEA, Menlu: Amankan Stok Vaksin

Retno menilai perundingan harus dilakukan dengan hati-hati, teliti dan pertimbangan mendalam. Pasalnya, berhubungan langsung dengan kedaulatan dan hak berdaulat, yang harus dipertanggungjawabkan kepada publik.

Adapun, Tim Teknis Penanganan Penetapan Batas Maritim Indonesia periode 2015-2019 telah menjalankan sejumlah aspek tersebut. Mereka juga meraih berbagai capaian kemajuan perundingan perbatasan dengan negara tetangga.(OL-11)

Baca Juga

AFP/Louai Beshara.

Hizbullah Kalah, Kaum Reformis Naik dalam Pemilu Libanon

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:42 WIB
Salah satu kemenangan paling menonjol yang diraih oleh orang-orang independen ialah pemilihan Elias Jradeh dan Firas Hamdan di Libanon...
NICOLAS ASFOURI / AFP

Tiongkok tak akan Longgarkan Protokol Kesehatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:40 WIB
Otoritas Tiongkok akan mempercepat riset vaksin khusus Omikron dan memperluas jangkauan vaksinasi penguat pada kalangan orang tua...
AFP/Abbas Momani.

Puluhan Terluka dalam Bentrokan saat Pemakaman Warga Palestina di Jerusalem

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 22:02 WIB
Jenazah Sharif dibawa oleh para pelayat melintasi kompleks Al-Aqsa dan dibawa melalui Gerbang Herodes Kota Tua, sebelum dimakamkan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya