Rabu 26 Agustus 2020, 16:20 WIB

Indonesia Desak Israel Batalkan Rencana Aneksasi Palestina

Faustinus Nua | Internasional
Indonesia Desak Israel Batalkan Rencana Aneksasi Palestina

AFP/Abbas Momani
Aksi unjuk rasa di Palestina yang menentang rencana aneksasi oleh Israel.

 

INDONESIA sebagai Presiden Dewan Keamanan (DK) PBB memimpin pertemuan virtual DK PBB, yang membahas isu Palestina. Indonesia pun mendorong masyarakat internasional terus menolak rencana Israel menganeksasi Palestina.

"Kita harus pastikan bahwa rencana aneksasi Palestina oleh Israel tidak berhenti sementara, tetapi untuk selamanya," ujar Wakil Tetap RI untuk PBB di New York, Dian Triansyah Djani, dalam keterangan resmi, Rabu (26/8).

Lebih lanjut, Djani menekankan bahwa sampai kapan pun aneksasi merupakan tindakan ilegal. Sehingga, harus ditolak masyarakat internasional.

Baca juga: Hubungan Israel-Palestina Memanas, Penanangan Covid-19 Terhambat

Dalam pertemuan yang menghadirkan Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk proses perdamaian di Timur Tengah, Nickolay Mladenov, Indonesia mengingatkan kembali konflik di Palestina yang berlangsung puluhan tahun.

Konflik itu jelas berdampak buruk bagi masyarakat Palestina. Terutama perempuan dan anak-anak. Hal paling penting bagi Palestina adalah solusi komprehensif yang adil dan berkelanjutan.  

"Untuk itu, Indonesia mendorong dimulainya kembali proses diplomasi dan negosiasi. Khususnya antar pihak terkait di kawasan," pungkas Djani.

Baca juga: Israel Serang Pos Hizbullah di Libanon

Utusan Khusus Mladenov menyampaikan kekhawatiran terhadap kekerasan dan pengusiran warga Palestina yang terus berlangsung di pemukiman ilegal Israel. Selain itu, lonjakan kasus positif dan kematian akibat covid-19 di wilayah Palestina juga membutuhkan perhatian masyarakat Internasional.

Mayoritas negara anggota DK PBB menegaskan kembali dukungan terhadap penyelesaian konflik Israel-Palestina. Itu berdasarkan hukum internasional dan two-state solution, serta parameter internasional yang sejalan dengan berbagai resolusi DK PBB.(OL-11)

 

 

Baca Juga

AFP

Pemilu Ulang Kyrgyzstan Digelar Desember

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 18:06 WIB
Pemungutan suara sebelumnya dibatalkan karena kerusuhan yang berujung pada pengunduran diri oleh Presiden...
AFP/Eva Hambach

Lima Warga Korea Selatan Meninggal setelah Disuntik Vaksin Flu

👤Faustinus Nua 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 15:39 WIB
Para pejabat bulan lalu mengumumkan rencana untuk mendapatkan 20% lebih banyak vaksin flu untuk musim dingin daripada tahun...
Dita ALANGKARA/POOL/AFP)

PM Jepang: Selesaikan Konflik Laut China Selatan secara Damai

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 21 Oktober 2020, 15:25 WIB
Yoshihide Suga menekankan bahwa Jepang menolak semua tindakan dan gerakan yang meningkatkan ketegangan di Laut China...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya