Rabu 03 Juni 2020, 15:22 WIB

​​​​​​​Tiongkok Investigasi Pelarungan Jenazah ABK WNI di Somalia

Nur Aivanni | Internasional
​​​​​​​Tiongkok Investigasi Pelarungan Jenazah ABK WNI di Somalia

ANTARA/Triyan Wahyudi
Rika, kakak perempuan dari Sepri, 24, salah satu Anak Buah Kapal (ABK) Long Xing 629 yang dilarung ke laut

 

DIREKTUR Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha mengatakan bahwa Tiongkok masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait pelarungan jenazah anak buah kapal (ABK) WNI berinisial H di kapal Lu Qing Yuan Yu 623.

"Kami mendapat informasi bahwa proses penyelidikan saat ini masih dilangsungkan oleh otoritas RRT," kata Judha dalam press briefing secara virtual, Rabu (3/6).

Sebagai informasi, bulan lalu KBRI Beijing telah mengirimkan nota diplomatik kepada Kementerian Luar Negeri Tiongkok yang meminta agar dilakukan penyelidikan mengenai pelarungan jenazah ABK WNI di sekitar perairan Somalia.

Baca juga: Kemenlu: Tidak ada WNI yang Terdampak Demo di AS

Kematian almarhum H terjadi pada 16 Januari 2020. Berdasarkan informasi Surat Keterangan Kematian yang dikeluarkan PT MTB, pada 23 Januari 2020 almarhum dilarung di laut di sekitar perairan Somalia.

Untuk diketahui, berdasarkan data Kemlu, ada sekitar 2,9 juta WNI yang tinggal di luar negeri. Dari jumlah tersebut, 9.404 di antaranya merupakan pekerja migran yang bekerja sebagai awak kapal. Data tersebut merupakan data warga negara yang aktif melaporkan diri. Pasalnya, ada juga warga yang tidak melapor sehingga tidak tercatat. Dari data 9.404, paling banyak bekerja sebagai awak kapal di kawasan Asia Timur dan Tenggara. (A-2)

Baca Juga

Ist

Presiden Singapura Apresiasi Peran SIF Jalin Kerja Sama Global

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 22:13 WIB
Presiden Singapura mengapresiasi SIF atas peran pentingnya dalam mendorong kerja sama internasional dan menjalin ikatan...
AFP/Mustafa Kamaci.

Erdogan: Hubungan Turki-Israel Tergantung Isu Palestina

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:36 WIB
Erdogan membuat pernyataan serupa dalam konferensi pers pekan lalu, mengatakan dalam menanggapi pertanyaan tentang Israel dan...
AFP/Mohammed Al-Shaikh.

Prancis Bebaskan Warga Saudi Dikira Tersangka Pembunuhan Khashoggi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:22 WIB
Pria itu, yang membawa paspor atas nama Khalid al-Otaibi, ditangkap oleh polisi perbatasan Prancis di bandara utama Paris pada Selasa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya