Senin 09 Desember 2019, 03:00 WIB

Pesawat Israel Serang Fasilitas Hamas di Gaza

Xinhua/Hym/I-1 | Internasional
Pesawat Israel Serang Fasilitas Hamas di Gaza

MAHMUD HAMS / AFP
Warga Palestina memprotes atas serangan Israel ke Gaza.

 

PESAWAT-PESAWAT tempur dan heli­kopter Israel menyerang fasilitas-fasilitas yang dimiliki oleh gerilyawan Hamas di Jalur Gaza, Palestina, Minggu (8/12) pagi.

Tindakan militer itu sebagai tanggap­an atas roket-roket yang ditembakkan dari Gaza ke wilayah Israel beberapa jam sebelumnya, kata Angkatan Bersenjata Isreal (IDF).

“Tiga roket baru saja ditembakkan dari Gaza ke kota-kota Israel sebelumnya,” ujar IDF, menambahkan dua ro­ket dicegat di udara oleh Iron Dome Aerial Defense System.

“Sebagai tanggapan, jet tempur dan helikopter serang IDF baru saja menyerang sejumlah sasaran teror Hamas di Gaza,” kata IDF.

Media lokal di Gaza melaporkan serangan Israel menargetkan situs-situs milik sayap bersenjata Hamas, Brigade al-Qassam. Tidak ada laporan langsung tentang korban.

Tidak ada yang mengklaim bertanggung jawab atas tiga roket yang ditembakkan ke Israel selatan, yang memicu serangan udara Israel.

Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas semua roket yang di­­­­tembakkan dari Gaza.
Sementara itu, kelompok bersenjata Hamas, penguasa Jalur Gaza, memperingatkan Israel tentang pelanggaran di Masjid Al-Aqsa di Jerusalem.

Peringatan itu dikeluarkan oleh Abu Obeida, juru bicara sayap bersenja­ta Hamas, Brigade al-Qassam, dalam sebuah pesan singkat.

Ia meminta Israel bertanggung jawab penuh atas pelanggaran yang terus-menerus terjadi di masjid itu.

“Apa yang terjadi di Masjid Al-Aqsa, apakah serangan, provokasi, atau praktik berbahaya terhadap jemaah, akan menjadi penyebab ledakan dalam menghadapi pendudukan,” kata Obeida.

“Kesabaran kami tidak akan bertahan lama,” tambahnya.

Pada Sabtu malam, kelompok militan Palestina itu menembakkan tiga proyektil dari Jalur Gaza ke Israel selatan, menurut sumber-sumber Palestina dan Israel.

Radio Israel melaporkan dua roket dicegat dan yang ketiga mendarat di lapangan kosong, tidak menyebabkan cedera atau kerusakan.

Tidak ada yang mengaku bertanggung jawab atas serangan itu. (Xinhua/Hym/I-1)

Baca Juga

Drew Angerer/Getty Images

ByteDance Tarik Operasi dari India Setelah TikTok Diblokir

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Januari 2021, 12:33 WIB
ByteDance memangkas lebih dari 2.000 tim India dan tidak yakin kapan akan kembali beroperasi, setelah aplikasi distribusi video TikTok...
AFP

Palestina Sambut Rencana AS Buka Kembali Kantor Perwakilan PLO

👤Basuki Eka Purnama 🕔Kamis 28 Januari 2021, 12:31 WIB
Kantor itu ditutup di era pemerintahan Presiden Donald...
AFP

AS akan Kembali ke Kesepakatan Nuklir Jika Iran Penuhi Komitmennya

👤 Nur Aivanni 🕔Kamis 28 Januari 2021, 12:13 WIB
Menlu Amerika Serikat (AS) Antony Blinken, pada Rabu (27/1), mengatakan bahwa AS hanya akan kembali ke kesepakatan nuklir Iran setelah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya