Selasa 07 Mei 2019, 05:00 WIB

Ancaman Trump Membuat Pasar Saham Asia Anjlok

(AFP/Tes/X-11) | Internasional
 Ancaman Trump Membuat Pasar Saham Asia Anjlok

(Photo by Brendan Smialowski / AFP)
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump,

 

ANCAMAN kenaikan tarif yang digulirkan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, membuat bursa saham Asia kemarin anjlok. Wacana pembaruan tarif yang menyasar komoditas Tiongkok senilai US$200 miliar itu muncul di tengah upaya percepatan negosiasi perdagangan antara AS-Tiongkok.

Bursa saham Shanghai melemah lebih dari 5%. Nilai tukar yuan terhadap dolar AS juga terpukul akibat ucapan Trump juga membuat tersendatnya pembicaraan tingkat tinggi antara AS-Tiongkok.

"Selama 10 bulan Tiongkok membayar tarif ke AS sebesar 25% atas komoditas berteknologi tinggi senilai US$50 miliar, berikut tarif 10% terhadap komoditas lain dengan nilai US$200 miliar. Tarif 10% itu akan naik menjadi 25%," bunyi cicitan Trump dalam akun Twitter-nya pada Minggu (5/5) waktu setempat.

Peringatan Trump itu akan membayangi negosiasi bilateral putaran berikutnya. Delegasi dari Tiongkok menyatakan bakal tetap mendatangi AS pekan ini.

Kedua negara saling melemparkan tarif pada komoditas senilai US$360 miliar, dalam perdagangan dua arah sejak tahun lalu.

Namun, Trump dan mitranya, Presiden Tiongkok Xi Jinping, menyetujui penghentian konflik dagang pada Desember lalu. Kesepakatan itu membantu pemulihan pasar saham global dalam empat bulan terakhir.

"Trump merusak kesepakatan. Hanya dua kata yang mungkin ada di benak para pedagang dan investor pekan ini, yakni pembicaraan perdagangan," ujar analis pasar, Jeffrey Halley.

"Penentuan harga pasar mengasumsikan akan terjadi kesepakatan, dan tidak ada kenaikan tarif lebih lanjut. Sementara itu, prospek pertumbuhan benar-benar membaik," tutur Kepala Ekonom Goldman Sachs untuk Asia Pasifik, Andrew Tilton. (AFP/Tes/X-11)

Baca Juga

AFP.

Gempa Berkekuatan 7,2 SR Guncang Peru Selatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:25 WIB
Gempa terjadi pada pukul 07.02 waktu setempat pada kedalaman 218 kilometer, menurut USGS. Pusat Seismologi Nasional Peru mengatakan gempa...
AFP/Fabrice Coffrini.

Iran Sebut Zionis Kontrol Kebijakan AS terkait Kesepakatan Nuklir

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:55 WIB
Israel telah membuatnya seolah-olah mempertahankan IRGC dalam daftar itu penting untuk masa depan pembicaraan Iran, tetapi tidak demikian,...
AFP/Hazem Bader.

Investigasi CNN Perkuat Klaim Tentara Israel Bunuh Jurnalis Al Jazeera

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 20:01 WIB
Pada saat-saat berikutnya, seorang pria berkaus putih mencoba beberapa kali untuk memindahkan Abu Akleh, tetapi dipaksa mundur berulang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya