Selasa 17 Januari 2023, 20:41 WIB

Bacaan Selawat Nariyah Arab, Latin, Arti, dan Keutamaannya

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Bacaan Selawat Nariyah Arab, Latin, Arti, dan Keutamaannya

DOK Youtube Haqi Official.
Selawat Nariyah.

 

MANUSIA semasa hidup tidak akan pernah terbebas sepenuhnya dari masalah dan persoalan. Dalam Islam, untuk mengatasi persoalan dan permasalahan yang kita hadapi yakni meminta pertolongan Allah SWT melalui membaca selawat. 

Salah satu selawat yang dapat dilakukan ialah Selawat Nariyah. Ini merupakan selawat yang dapat dilakukan kita pada saat sedang menghadapi suatu masalah yang sedang menimpa kita.

Bacaan Selawat Nariyah

اَللّٰهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ  ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَ نَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ 

Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman `alâ sayyidinâ Muḫammadinil-ladzi tanḫallu bihil-`uqadu wa tanfariju bihil-kurabu wa tuqdlâ bihil-ḫawâiju wa tunâlu bihir-raghâ’ibu wa ḫusnul-khawâtimi wa yustasqal-ghamâmu biwajhihil-karîmi wa `alâ âlihi wa shaḫbihi fî kulli lamḫatin wa nafasin bi`adadi kulli ma`lûmilak(a).

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat yang sempurna dan curahkanlah salam kesejahteraan yang penuh kepada junjungan kami Nabi Muhammad, yang dengan sebab beliau semua kesulitan dapat terpecahkan, semua kesusahan dapat dilenyapkan, semua keperluan dapat terpenuhi, dan semua yang didambakan serta husnul khatimah dapat diraih, dan berkat dirinya yang mulia hujanpun turun, dan semoga terlimpahkan kepada keluarganya serta para sahabatnya, di setiap detik dan hembusan nafas sebanyak bilangan semua yang diketahui oleh Engkau."

Keutamaan Selawat Nariyah

Selawat Nariyah ialah salah satu selawat yang bukan berasal dari Nabi Muhammad, melainkan dari Syekh Nariyah yang hidup di zaman Rasulullah sehingga menjadi sahabat dari Nabi. Diceritakan bahwa Syekh Nariah membaca selawat sebanyak 4.444 kali untuk keselamatan Rasulullah. Dalam doanya, Syekh Nariyah dibalaskan dengan berkat dan rezeki dari Allah SWT.

Baca juga: Dua Zikir Penolak Kefakiran dan Kesempitan Rezeki dari KH Miftachul Akhyar  

Hadis riwayat Ibnu Mundah dari Jabir mengatakan Rasulullah saw bersabda, "Siapa membaca selawat kepadaku sehari 100 kali (dalam riwayat lain: Siapa membaca selawat kepadaku 100 kali) Allah akan mengijabahi 100 kali hajatnya, 70 hajatnya di akhirat, dan 30 di dunia." Rasulullah juga bersabda, "Perbanyaklah selawat kepadaku karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan." Demikian seperti tertuang dalam kitab an-Nuzhah yang dikutib juga dalam Khazinatul Asrar. (OL-14)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

ANTARA/Hafidz Mubarak A

Ketua PBHI: Pemerintah Harus Tanggung Jawab Kasus GGAPA

👤Naufal Zuhdi 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:29 WIB
Ia menilai ada dugaan pidana yakni kelalaian yang disengaja dan tercantum dalam pasal 359-360...
MI

Kemenkes Laporkan Satu Pasien Suspek Gagal Ginjal bukan Termasuk GGAPA

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:17 WIB
KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) melaporkan satu anak suspek Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) yang diumumkan pada Februari 2023...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Perbaikan Sektor Kesehatan dan Pendidikan Jadi Tugas Besar Menuju Indonesia 2045

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:07 WIB
Suharso Monoarfa mengatakan bahwa Indonesia masih punya tugas besar di sektor kesehatan dan pendidikan untuk menuju visi Indonesia Emas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya