Selasa 27 Desember 2022, 22:00 WIB

Kuota Sekolah untuk SNBP 2023 Akan Diumumkan Besok

Faustinus Nua | Humaniora
Kuota Sekolah untuk SNBP 2023 Akan Diumumkan Besok

ANTARA/ASEP FATHULRAHMAN
Peserta antre masuk ruangan untuk mengikuti UTBK SBMPTN di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), di Serang, Banten, Selasa (17/5/202

 

TAHAPAN Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 yang diselenggarakan Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP), sudah dimulai sejak awal Desember 2022. Setelah melakukan sosialisasi, jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dibuka dengan mengumumkan kuota sekolah mulai Rabu (28/12).

"SNPMB BPPP akan segera mengumumkan kuota sekolah. Pengumuman kuota sekolah dapat diakses mulai 28 Desember 2022," tulis SNPMB BPPP di Instagram resminya @_snpmbbppp, Selasa (27/12).

Kuota sekolah merupakan angka hasil perhitungan akreditasi sekolah dengan jumlah siswa. Pada 28 Desember 2022 akan diumumkan jumlah siswa eligible yang dapat mendaftar pada SNBP 2023.

Baca juga: Muhadjir: Tidak Ada Aturan Khusus Tahun Baru 2023

Adapun pengumuman kuota dapat diakses melalui laman snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Layanan masa sanggah tentang kuota paling lambat 17 Januari 2023. "Segera cek kuota sekolah kamu dan tetap semangat calon mahasiswa Indonesia!" tambah pengumuman itu.

Adapun, tahun 2023 pemerintah memberlakukan sistem baru dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negri (PTN). Salah satu jalurnya adalah SNBP yang sebelumnya dikenal dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Syarat bagi sekolah yang mengikuti SNBP yaitu merupakan SMA/MA/SMK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Ketentuan akreditasi untuk menentukan siswa eligible, yakni Sekolah Akreditas A sebesar 40 persen siswa terbaik, Akreditasi B 25 persen siswa terbaik, dan akreditasi C 5 persen siswa terbaik. Kemudian, sekolah mengisi pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisi hanya yang eligible sesuai dengan ketentuan akreditas.

Selanjutnya, persyaratan peserta. SNBP bisa diikuti siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada Tahun 2023 yang memiliki prestasi unggul. Prestasi unggul merupakan prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Kemudian, siswa harus memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan terdaftar di PDSS, memiliki nilai rapor semester I-V yang telah diisikan di PDSS, dan peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. (H-3)

Baca Juga

Ist

Brand Lokal MSMO Hadirkan Koleksi Pakaian Stylish 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:18 WIB
Beberapa brand fashion lokal menghadirkan busana stylish dengan harga terjangkau, salah satunya...
Ist

Guru Besar Unhas: BPA Berbahaya Buat Manusia dan Lingkungan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 19:11 WIB
Bahan pangan yang tercemar zat BPA berlebih dan dikomsumsi akan menyebabkan terganggunya sistem kardiovaskular dan sistem reproduksi dan...
MI/Arnold Tanti.

Perlu Aturan Platform Bentuk Ekosistem Bisnis agar Jurnalisme Berkualitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:00 WIB
Pemerintah melihat akar persoalannya dari model bisnis atau ekosistem bisnis yang tidak sehat antara platform dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya