Senin 21 November 2022, 20:07 WIB

Wapres Wanti-wanti Kasus Polio Jangan Sampai Meluas

Emir Chairullah | Humaniora
Wapres Wanti-wanti Kasus Polio Jangan Sampai Meluas

AFP
Vaksinasi polio terhadap bayi

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin menginstruksikan seluruh jajarannya untuk segera menangani kasus poliomyelitis (polio) agar tidak meluas dan menjadi pandemi. Hal ini ia sampaikan menanggapi langkah Kementerian Kesehatan yang menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) penyakit di Indonesia menyusul ditemukannya satu kasus yang menyerang seorang anak berusia 7 tahun di Kabupaten Pidie, Aceh.

“Saya kira perlu segera ditangani, jangan sampai menjadi pandemi seperti dulu,” tegas Ma’ruf saat memberikan keterangan pers usai menghadiri acara Silaturahmi dengan Pimpinan dan Pengurus BAZNAS se-Jawa Tengah di Surakarta, Senin (21/11).

Selain menggalakkan imunisasi, dirinya meminta agar pelaksanaan deteksi dini penyakit Polio dilaksanakan dengan lebih teliti. “Oleh karena itu (kasus Polio di Aceh) jangan sampai melebar, supaya lebih teliti lagi deteksinya,” tegasnya.

Dirinya tidak ingin kasus ini menjadi pandemi karena akan menjadi masalah baru di tanah air. “Kalau jadi pandemi akan jadi masalah seperti yang kita alami dulu, (sehingga) imunisasi Polio sampai (menjadi) gerakan nasional,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus Polio. Penyakit Polio ini dapat menyebabkan kelumpuhan dengan kerusakan motor neuron pada cornu anterior dari sumsum tulang belakang.

Polio adalah virus yang termasuk dalam golongan Human Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja. Virus ini menyebar melalui kontak orang ke orang. Ketika seorang anak terinfeksi polio liar, virus masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan berkembang biak di usus.

Penyakit polio dapat menyerang pada usia berapa pun, tetapi kebanyakan menyerang anak-anak di bawah usia lima tahun, terutama bagi mereka yang belum mendapatkan vaksin. (OL-8)

Baca Juga

Dok. DPR RI

Anggota DPR Dorong Pabrik Semen Indarung dan PLTA Rasak Bungo Jadi Warisan BUdaya UNESCO

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 08:00 WIB
Menurut Rieke, kedua bangunan tersebut menyimpan banyak memori perjuangan rakyat Minang pada masa penjajahan dan telah berkontribusi besar...
Ist

Mydoremi Ajak Anak Indonesia Berkreasi di Dunia Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 06:46 WIB
Mydoremi Co-founder, Cisca Chang, menyatakan bahwa Mydoremi membuat kegiatan pembelajaran yang fun (edutainment) melalui Mydoremi...
Ist

Akademisi: Lawan Narasi Khilafah dengan Konsep Rahmatan Lil Alamin

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 23:17 WIB
Menurut dia, penerapan sistem kekhilafahan menurutnya bukanlah solusi mutlak sebagaimana yang dipromosikan termasuk dalam hal...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya