Rabu 16 November 2022, 21:09 WIB

Ini Perbedaan Suara Gaung dan Gema

Mesakh Ananta Dachi | Humaniora
Ini Perbedaan Suara Gaung dan Gema

Antara/Aloysius Jarot Nugroho.
Ilustrasi.

 

PADA saat berteriak di beberapa tempat, suara kita mengalami pengulangan. Hal ini disebut juga dengan gema. 

Namun, sering kali kita tidak dapat membedakan antara gema dan gaung. Berikut perbedaannya.

Pengertian gema dan gaung

Gema adalah pantulan suara atau bunyi yang datang kembali setelah sumber bunyi selesai sepenuhnya. Artinya, dalam gema, sumber bunyi akan sepenuhnya bersuara, lalu disusul pada pantulan bunyi.

Berbeda dengan gaung. Pantulan suara yang dihasilkan telah berbunyi atau bersuara sebelum sumber bunyi selesai bersuara sepenuhnya. Artinya, gaung tidak akan menunggu sumber bunyi untuk bersuara sepenuhnya. Pada saat sumber bunyi masih bersuara, pantulan telah keluar.

Gema terjadi ketika jarak sumber suara jauh dari penghalang gelombang suara. Dalam hal ini, jeda waktu yang diterima gema sebanding dengan jarak yang dibagi dengan kecepatan suara. Hal ini berbeda dengan gaung yang terjadi ketika jarak sumber suara lebih dekat dari penghalang gelombang suara.

Perbedaan gaung dan gema

Pada kasus gaung dan gema, jarak yang berada pada kedua kasus ini berbeda. Gema umumnya memiliki jarak pantulan yang jauh. Hal ini yang menyebabkan sumber bunyi bisa sepenuhnya selesai. Berbeda dengan gaung yang memiliki jarak lebih kecil, hal ini jugalah yang menciptakan waktu interval pantulan bunyi yang singkat.

Lebih lanjut, gaung menghasilkan bunyi yang kurang jelas. Hal ini disebabkan oleh antara sumber bunyi dan pantulan bunyi bertabrakan. Akibatnya, suara yang dihasilkan tidak jelas dan tidak gamblang. 

Berbeda dengan gaung, pantulan suara pada gema akan berbunyi setelah sumber bunyi selesai sepenuhnya. Hal ini menciptakan suara yang lebih jelas dan lebih gamblang. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Gandeng Muralis Lokal, Yello Hotel Manggarai Hadirkan Kamar Urban Xtra untuk Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 14:14 WIB
Wajah baru ini ditandai dengan mural yang terletak di area lobby hotel, berkolaborasi dengan mural artist local yaitu TUTU (@tutugraff)...
AFP

14.490 Rumah Rusak Akibat Gempa di Cianjur akan Direhabilitasi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:26 WIB
Sebanyak 14.490 rumah yang terdata kerusakannya dan telah diverifikasi oleh BNPB akan dilakukan rekontruksi pascagempa Cianjur Jawa...
Antara

Jokowi Genjot Pembangunan Infrastruktur Digital untuk Tingkatkan Kualitas SDM

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 12:35 WIB
Menurutnya hal itu sebagai langkah yang tepat di tengah distrupsi digital yang melaju sangat cepat guna melahirkan SDM unggul dan berdaya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya