Selasa 08 November 2022, 14:06 WIB

PT Freeport Lakukan Aksi Nyata untuk Dukung Pemerintah Capai Target NDC

Atalya Puspa | Humaniora
PT Freeport Lakukan Aksi Nyata untuk Dukung Pemerintah Capai Target NDC

DOK PT Freeport Indonesia
Sejumlah karyawan melakukan restorasi kawasan bekas tambang terbuka Grasberg, Papua menjadi kawasan konservasi.

 

Pada penyelenggaraan Conference of the Parties (COP)-27 yang diselenggarakan di Sharm el-Sheikh Mesir, berbagai pihak menunjukkan dukungannya kepada pemerintah Indonesia untuk mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca sebesar  31.89% dengan upaya sendiri dan 43% dengan bantuan internasional yang sudah tertuang dalam Enhanced Nationally Determined Contribution (ENDC). Salah satunya ialah PT Freeport Indonesia.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas mengungkapkan bahwa pihaknya merupakan salah satu perusahaan yang ikut berpartisipasi untuk  mengurangi emisi sehingga upaya pengurangan dampak krisis iklim yang telah disusun pemerintah bisa berjalan maksimal. "Jadi COP-27 ini sama-sama semuanya punya satu tujuan yang sama-sama semuanya punya satu tujuan yang sama. Bagaimana untuk menurunkan emisi karbon sehingga climate change bisa tetap dijaga dan kenaikan suhu bumi bisa ditekan," kata Tony saat ditemui di acara COP-27 Sharm el-Sheikh, Mesir, Minggu (6/11).

Ia menyatakan, sebagai perusahaan tambang, tentu PT Freeport Indonesia melakukan penambangan tembaga, emas dan perak yang kemudian memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Namun, untuk mendukung program ENDC yang telah diusung pemerintah,  pihaknya kini menjalankan bisnis yang sustainable dan menargetkan penurunan karbon sebesar 30% pada 2030.

PT Freeport Indonesia telah melakukan implementasi nyata di lapangan untuk mencapai target itu. Di antaranya ialah peralihan tenaga operasional dari yang tadinya menggunakan truk dengan energi fosil menjadi  kereta api tanpa awak yang dikendalikan secara remote dan menggunakan tenaga listrik. Dengan peralihan itu, pihaknya juga mendapatkan nilai positif, dari yang tadinya hanya bisa mengangkut 300 ton hasil tambang perhari menjadi 110 ribu ton hasil tambang perhari.

Selain itu, pihaknya juga melakukan trasnformasi di pabrik pengeringan. Tadinya, PT Freeport Indonesia menggunakan bahan bakar konsentrat untuk melakukan pengeringan. Saat ini, pihaknya menggunakan DPA bertenaga listrik yang lebih ramah lingkungan.

Di samping melakukan berbagai transformasi di bidang bisnisnya, PT Freeport Indonesia juga melakukan upaya pemulihan lingkungan dengan melakukan rehabilitasi lahan, penanaman kembali di 1.000 hektare lahan daan 100 hektare hutaan mangrove.

"Itulah yang dilakukan program-program dalam kaitan penurunan emisi karbon yang tentu saja menjaga iklim cuaca ini supaya tidak terjadi kenaikan suhu seperti yang diharapkan dunia dan komitmen dari pemerintah Indonesia," ucap Tony.

Tony berharap, berbagai pihak, mulai dari pengusaha, akademisi hingga masyarakat bisa berjalan bersama pemerintah dalam mewujudkan target ENDC 2030. Pasalnya, ia menegaskan bahwa pemerintah tidak mungkin berjalan sendiri.

"Karena ini adalah kepentingan bukan hanya indonesia tapi juga untuk dunia dan anak cucu kita ke depaan. Ini satu keharusan,"pungkas dia. (OL-12)

 

Baca Juga

Antara

Update 7 Desember 2022: 3.351 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Rabu 07 Desember 2022, 23:41 WIB
Sementara itu, kasus aktif berkurang 230 sehingga menjadi 47.430...
AFP

Google Indonesia Membuka Program Bangkit untuk Anak Muda

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:54 WIB
Sejak 2019, sudah ada lebih dari 3.000 peserta dari bangku perkuliahan yang mendalami materi dan ilmu terkait teknologi terkini dari...
MI/Ramdani

Ini 35 Ide Kado untuk Hari Ibu

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Rabu 07 Desember 2022, 22:43 WIB
Beragam ucapan selamat dan kado akan banyak dijadikan pilihan sebagai bentuk terima kasih dan ucapan sayang kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya