Selasa 08 November 2022, 12:41 WIB

Inovasi Produk Farmasi Berbahan Rumput Laut dan Ikan Gabus Dapat Sembuhkan Luka Diabetes

Despian Nurhidayat | Humaniora
Inovasi Produk Farmasi Berbahan Rumput Laut dan Ikan Gabus Dapat Sembuhkan Luka Diabetes

Dok. Mega Medica Pharmaceuticals
Scientific Affairs Manager PT MMP Guntur Berlian menjelaskan, Channa Film

 

DIREKTUR PT Mega Medica Pharmaceunticals (MMP) Sutristo mengungkapkan, dalam perhelatan Seaweed Investment and Forum Festival (SIFFEST) 2022 yang diadakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, pihaknya mempresentasikan inovasi produk berbasis rumput laut yang dikombinasikan dengan ikan gabus (Channa striata) dalam bentuk prototipe produk yang diberi nama Channa Film.

“Kita bangga kehadiran produk ini disambut baik oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai satu-satunya produk farmasi berbahan dasar rumput laut yang hadir,” ungkapnya dilansir dari keterangan resmi, Selasa (8/11).

Scientific Affairs Manager PT MMP Guntur Berlian menjelaskan, Channa Film dapat mengakselerasi penyembuhan luka diabetes. Hal ini pun sudah dilakukan pengujian terlebih dahulu pada tikus uji.

“Beberapa parameter penyembuhan luka seperti kontraksi luka, pertumbuhan epitel dan kolagen, serta neovaskularisasi dilaporkan oleh tim peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara sebagai parameter yang terbukti terakselerasi oleh Channa Film,” kata Guntur.

Guntur menyebutkan dalam pengembangannya, pihak MMP masih memerlukan bantuan dari banyak pihak, baik itu pemerintah dari sisi kebijakan dan perizinan, serta investor lain dalam bentuk partnership terutama dalam pengembangan teknologi plester agar prototipe ini dapat lebih disempurnakan.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan lima program utama sektor kelautan dan perikanan untuk ekonomi biru. 

Baca juga : Menkes: Mencegah Stroke Lebih Baik dengan Hidup Sehat

Secara spesifik, dalam program ketiga yaitu pengembangan budidaya laut, pesisir dan air tawar yang ramah lingkungan, dia menitikberatkan fokus pemerintah dalam pemberdayaan rumput laut sebagai emas hijau, terutama spesies Eucheuma cottonii, dimana Indonesia merupakan produsen terbesar di dunia.

“Kita memberikan apresiasi yang tinggi kepada PT Mega Medica Pharmaceunticals, yang telah membuat terobosan baru, mengelaborasi inovasi produk berbasis rumput laut dikombinasi dengan ikan gabus,” kata Sakti.

Dalam kesempatan tersebut, staf kementerian juga secara khusus meminta tim MMP untuk menyampaikan secara tertulis bantuan yang diharapkan untuk pengembangan produk farmasi ini.

Hal senada juga disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Dia menyampaikan dukungannya terhadap inovasi produk yang dilakukan PT MMP. Luhut juga mendukung pelaksanaan Seaweed Investment and Forum Festival (SIFFEST) sebagai bagian dari upaya akselerasi dan pengembangan usaha rumput laut dari hulu dan hilir.

“Saya mengharapkan acara ini dapat menjadi media temu pelaku bisnis dan investasi sekaligus untuk mengekspos inovasi produk dalam negeri berbasis rumput laut, seperti yang dilakukan oleh PT MMP,” pungkas Luhut. (OL-7)

Baca Juga

HO

Garudafood Raih Dua Penghargaan SNI Award 2021-2022

👤Widhoroso 🕔Rabu 30 November 2022, 18:38 WIB
PT Garudafood Putra Putri Jaya Tbk unit Sumedang dan Gresik meraih penghargaan SNI Award...
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

42% Kasus Covid-19 Harian Berasal dari DKI Jakarta

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Rabu 30 November 2022, 18:25 WIB
Kemudian Jawa Barat melaporkan 1.154 kasus covid-19 baru. Rinciannya, yakni 1.148 kasus dari penularan lokal dan enam kasus dari...
Dok. Istimewa

Potensi Pasar Hijab Dunia Harus Dioptimalkan untuk Membuka Lapangan Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 30 November 2022, 17:19 WIB
Pada tahun ini belanja diperkirakan akan meningkat hingga 6% menjadi US$313 miliar. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya