Jumat 04 November 2022, 20:55 WIB

RUU Daerah Kepulauan Buka Optimisme Pemerataan Pembangunan Di Era Jokowi

Widhoroso | Humaniora
RUU Daerah Kepulauan Buka Optimisme Pemerataan Pembangunan Di Era Jokowi

ANTARA
Ilustrasi

 

REKTOR Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Prof Agung Dhamar mendukung penuh langkah Presiden Joko Widodo dalam merealisasikan RUU Daerah Kepulauan. Menurutnya, kebijakan tersebut membawa banyak hal baik untuk masyarakat.

Dukungan Agung tersebut ia sampaikan saat mengisi seminar “Perspektif RUU Daerah Kepulauan: Infrastruktur Kemaritiman dalam Visi Indonesia Maju”. “Tentunya RUU Daerah Kepulauan ini sudah banyak hal-hal baik yang termahtub di dalamnya,” ujar Agung.

Agung menuturkan hadirnya RUU daerah kepulauan membuka optimisme baru di tengah masyarakat terkait pemerataan pembangunan. Sebab dalam undang-undang tersebut memastikan wilayah-wilayah kepulauan bakal dikebut infrastrukturnya.

Menurut Agung, RUU daerah kepulauan sejalan dengan visi Jokowi yang berkomitmen untuk membangun Indonesia dari wilayah pinggiran seperti daerah kepulauan. Agung optimis, pembangunan di wilayah kepulauan akan mampu menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

“Kalau kita bisa mengedepankan RUU kepulauan ini bagian dari ejawantah apa yang Pak Jokowi sampaikan yaitu membangun dari pinggiran dan mengawal serta mewujudkan Indonesia jadi poros maritim dunia,” ujar Agung.

Lebih lanjut Agung mengatakan terwujudnya RUU daerah kepulauan merupakan bentuk kehormatan dari Presiden Jokowi terhadap Indonesia yang terdiri dari ratusan ribu pulau. Baginya, apa yang digagas Jokowi untuk wilayah kepulauan adalah hal yang layak diapresiasi.

“RUU ini menimbangkan hal besar, terutama bahwa negara kesatuaan indonesia adalah negara kepulauan yang bercirikan nusantara. Ini jadi penting, sehingga yang mengakui dan menghormati daerah yang bersifat khusus sehingga peraturan buatan pemerintah perlu memperhatikan,” pungkasnya. (RO/OL-15)

Baca Juga

Dok. Sultan Hotel & residence

Glitz & Glam Festivity di The Sultan Hotel & residence Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 17:03 WIB
Sepanjang bulan perayaan tahun ini, The Sultan Hotel & Residence Jakarta akan dihias dengan ornamen Natal berwarna gold dan rose...
Antara/Aprillio Akbar.

Butuh Kolaborasi dan Nasionalisme yang Kuat untuk Percepatan Pembangunan Berkelanjutan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:56 WIB
Percepatan pembangunan berkelanjutan sangat penting dilakukan untuk mengakselerasi pemanfaatan bonus demografi yang kita miliki sebagai...
Antara/Andika Wahyu.

Isi Trikora dan Hasil Akhir Operasi

👤Joan Imanuella Hanna Pangemanan 🕔Jumat 02 Desember 2022, 16:33 WIB
Dalam upayanya membebaskan Irian Barat (Papua) dari Belanda, Presiden Soekarno mengeluarkan Tri Komando Rakyat atau Trikora pada tanggal 19...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya