Minggu 30 Oktober 2022, 09:02 WIB

Kepala BPIP: Musik Adalah Pemersatu Bangsa

Mediaindonesia.com | Humaniora
 

KEPALA Badang Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi mengatakan, musik menjadi salah satu medium dalam sejarah pergerakan nasional. Salah satunya dengan lahirnya lagu Indonesia Raya yang merupakan pemersatu bangsa.

Hal itu ditegaskan Yudian alam sambutannya pada acara Festival Jazz Syuhada ke-4 bertajuk “Sayuk Rukun”, Sabtu (29/10). Festival Jazz yang diselenggarakan atas kesadaran pentingnya merajut keragaman dan kebhinekaan.
 
“Melalui Sumpah Pemuda, yang kita kita peringati pada 28 Oktober kemaren kita bias mengambil pelajaran, bahwa musik/lagu, turut menjadi bagian penting dalam sejarah pergerakan nasional kita, musik, dalam hal ini, lagu Indonesia Raya, merupakan pemersatu bangsa," ujar Yudian. 
  
Ia menambahkan, dalam peristiwa Sumpah Pemuda, musik memegang peran penting dalam membangun kesadaran nasionalisme dan persatuan. Melalui Lagu Indonesia Raya gubahan W.R. Supratman, musik menjelma mejadi jarum-benang yang merajut keberagaman dan kebhinekaan Indonesia menjadi kekuatan pergerakan nasional yang menopang perjuangan kemerdekaan.

Yudian juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan Jazz Syuhada merupakan bentuk gerakan alternatif yang yang dapat diterima banyak orang dan lapisan masyarakat guna menciptakan ekosistem yang partisipatif dan mampu bertoleransi satu sama lain atau biasa disebut sebagai gotong royong.

“Seperti yang terjadi dalam kegiatan ini, kolaborasi berbagai elemen masyarakat dari pengurus masjid se-Kotabaru, Gerja HKBP, Gereja Katolik, para pemuda, influencer, dan pemerintah. Saya berharap dengan kolaborasi yang tumbuh berkembang ini mampu menjalin kebersamaan atau mangayubagyo antar komunitas dari latar belakang yang beragam.” Kata Yudian.

Baca juga : BPIP Angkat Ratusan Purnapaskibraka 2021 Jadi Duta Pancasila di NTB dan Lampung 

Yudian berharap agar kegiatan Jazz Syuhada menjadi ruang bagi tumbuhnya kreatifitas anak-anak muda. Tdiak hanya di bidang musik saja, tetapi juga di bidang-bidang yang lain. 

“Saya berharap melalui Penyelenggaraan Festival Jazz Syuhada yang ke 4 ini dapat melahirkan ruang-ruang kreatif bagi anak-anak muda sebagai aktivitas positif, memperkuat sikap toleransi pada tataran praktik lintas iman, suku, dan budaya, serta menjadi media promosi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang saya amati mengisi stand-stand dan ikut meramaikan festival ini”, tandas Yudian, sebelum membuka acara.
 
Anggota Dewan Pengarah BPIP Amin Abdullah mengatakan, kegiatan itu merupakan pengejawantahan nilai-nilai Pancasila. Menurutnya, Pancasila adalah konsensus serta common platform bangsa indonesia. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara Indonesia perlu dalam mengejawantahkan, mengimplementasikan nilai-nilai tersebut

“Festival Jazz Syuhada yang ke-4 ini sangat kreatif, inovatif dan merupakan contoh serta tauladan yang baik dalam implementasi nilai-nilai Pancasila melalui seni dan musik”, ucapnya.

Festival Jazz tersebut diselenggarakan secara kolaboratif yang melibatkan pemerintah, organisasi lintas iman, pegiat toleransi, aktivis keberagaman dan warga setempat. Selain menampilkan musik Jazz, juga menampilkan beragam kesenian, seperti tari-tarian. Juga diikuti oleh puluhan UMKM yang menjajakan berbagai macam menu dan sajian.

Turut hadir pada acara tersebut Direktur Sosialisasi dan Komunikasi  BPIP Akbar Hadi. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Cegah Lonjakan Sub Varian Baru dengan Prokes dan Vaksin

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:46 WIB
Agus mengingatkan masyarakat untuk tidak abai memakai masker, terutama pada ruangan yang tertutup guna menekan risiko penularan...
ANTARA

Erick Thohir Dinilai Kompeten Pimpin Indonesia

👤Widhoroso 🕔Jumat 09 Desember 2022, 17:04 WIB
MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memiliki pengalaman panjang dalam dunia ekonomi...
Ist

Konkretkan Upaya Kaji Ulang Konstitusi, DPD RI Teken MoU dengan UI

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 16:57 WIB
Jalinan kerja sama dalam MoU tersebut meliputi pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam Mendukung Pelaksanaan Tugas dan Fungsi DPD...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya