Minggu 02 Oktober 2022, 15:41 WIB

Festival Sains dan Bahasa 2023 Kembali Hadir

Mediaindonesia.com | Humaniora
Festival Sains dan Bahasa 2023 Kembali Hadir

Antara
Perwakilan Eduversal Foundation, Dwi Prajitno Wibowo

 

FESTIVAL Sains dan Budaya (FSB) akan kembali digelar dengan mengusung tema  “Bergerak Bersama Membangun Bangsa” menggelar dua program besar tahunan, yaitu Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) dan Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia (OSEBI).

Perwakilan Eduversal Foundation, Dwi Prajitno Wibowo berharap pagelaran FSB tahun ini mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang seimbang antara karakter dan kreativitas. Sehingga mampu melahirkan solusi atas berbagai masalah yang dihadapi umat manusia khususnya masyarakat Indonesia. 

"Keseimbangan ini dapat memberikan kekuatan bagi bangsa untuk menghadapi tantangan di masa depan," ujar Dwi lewat keterangannya, Sabtu 1/10).

Ia menambahkan generasi penerus bangsa diharapkan mampu memegang estafet perjuangan bangsa. Generasi muda bangsa yang semacam inilah yang akan mampu berprestasi dan membawa peradaban maju bagi Indonesia.

ISPO tahun ini akan melombakan enam kategori yaitu lingkungan, teknologi dan robotika, komputer, fisika, biologi, dan kimia. Sedangkan OSEBI melombakan enam kategori yaitu menyanyi solo, penampilan puisi, tari kreasi nusantara, menulis cerpen, esai, dan puisi.

Adapun Presiden ISPO Riri Fitri Sari optimistis talenta-talenta di bidang sains dan budaya akan terus muncul dari ajang FSB yang jika dididik dan dibina dengan baik akan menjadi pelaku sejarah.
 
Sedangkan Presiden OSEBI Liliana Muliastuti, mengatakan FSB merupakan satu-satunya kompetisi di Tanah Air yang terus konsisten melaksanakan tes uji bahasa Indonesia.
 
Koordinator Acara FSB, Surya Saputra, mengatakan bahwa ISPO telah dilangsungkan selama 15 tahun sedangkan OSEBI telah berlangsung selama 10 tahun.

Selain itu, peserta ISPO dan OSEBI juga mampu bersaing di ajang internasional diantaranya adalah International Festival of Language & Culture (IFLC), Genius Olympiad, Vilipo Lithuania, dan Infomatrix Mexico.
 
Surya menambahkan, seperti tahun lalu, Festival Sains dan Budaya 2023 akan digelar secara daring (online).

Pendaftaran FSB 2023 dibuka mulai 1 Oktober 2022. Pengumuman finalis pada 23 Desember 2022 dan final FSB pada 24 Februari hingga 26 Februari 2023. (Ant/OL-8)

Baca Juga

Antara

BNPB: Pencarian Korban Gempa Cianjur Berlanjut Sepekan

👤Dinda Shabrina 🕔Minggu 27 November 2022, 22:51 WIB
Hingga saat ini, masih ada 11 korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, yang belum ditemukan. Menurut BNPB, waktu penanganan korban tidak cukup...
MI/HO

KGSB Ajak Anggotanya Tingkatkan Kemampuan Literasi Menulis

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 22:40 WIB
Ana menilai sangat penting bagi seorang guru memiliki keterampilan menulis yang baik agar hasil tulisan dapat lebih kreatif dan...
Pexels

BKKBN Sebut Gangguan Kejiwaan pada Remaja Meningkat

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 27 November 2022, 22:35 WIB
GANGGUAN emosi mental atau mental emotional disorder di kalangan remaja di Indonesia terus meningkat dari tahun ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya