Senin 26 September 2022, 07:15 WIB

Sandiaga Sebut Bali Sudah Dikunjungi 1,8 Juta Wisman Pascapandemi

Arnoldus Dhae | Humaniora
Sandiaga Sebut Bali Sudah Dikunjungi 1,8 Juta Wisman Pascapandemi

ANTARA/Fikri Yusuf
Menparekraf Sandiaga Uno (tengah) saat menghadiri salah satu acara World Tourism Day di Nusa Dua, Bali.

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan gelaran World Tourism Day di Bali merupakan kabar baik bagi pariwisata dan ekonomi kreatif Bali dan Indonesia. Hal itu disampaikan Sandiaga di Nusa Dua, Bali, Minggu (25/9) malam.

Dalam kesempatan yang itu, Menparekraf mengungkapkan kabar baik bahwa setelah pembukaan pintu kedatangan internasional pascapandemi, sebanyak 1,8 juta turis sudah masuk ke Bali dan Indonesia. Bahkan, tingkat hunian hotel banyak yang sudah penuh. 

"Ini tentu meningkatkan percaya diri kami untuk menyambut turis lebih banyak," tegas Sandiaga.

Baca juga: Bali Tuan Rumah Puncak Peringatan World Tourism Day 2022

Menurut mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, Indonesia masih perlu bekerja keras untuk mengejar Malaysia, Thailand, dan Vietnam di sektor pariwisata.

"Kita akan terus mengedepankan Pulau Dewata. Kita bergerak kepada pariwisata berkelanjutan dan kita ingin segera mendeklarasikan kemenangan atas pandemi dan masuk ke era baru pariwisata," tukas Sandiaga.

Selain itu, Menparekraf juga menjelaskan program penanaman mangrove dan program eco tourism lainnya untuk lingkungan hidup yang lebih baik ke depannya. 

"Ini (World Tourism Day) adalah momen bersejarah Bali dan Indonesia, saay kita pertama kali jadi tuan rumah World Tourism Day. Ini bisa jadi momentum penting pemulihan pariwisata dan ekonomi. Recover together, recover stronger," tutupnya.

Dalam edisi ke-42 perayaan World Tourism Day, yang akan digelar pada 27 September 2022, Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah perayaan puncak World Tourism Day. 

Rangkaian perayaan World Tourism Day ke-42 ini, akan digelar pula beragam acara termasuk panel diskusi dengan beragam pemangku kepentingan bertema Rethinking Tourism as a Key Element on Recovery dan The Tourism We Want, yang dipimpin oleh perwakilan dari sektor pariwisata di Bali.

Sementara itu, tercatat ada 120 pegolf yang terdaftar mengikuti World Tourism Day Golf Challenge 2022 berasal dari lintas Kementerian/Lembaga, Perusahaan, Bank Indonesia dan lainnya.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Secretary General UNWTO Zurab Pololikashvili dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bali Trisno Nugroho serta jajaran pejabat teras Kemenparekraf RI. (OL-1)

Baca Juga

AFP/OZAN KOSE

Penelitian: Kesehatan Otak Pesepak Bola Cenderung Memburuk Setelah Usia 65 Tahun

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:45 WIB
Penelitian itu juga menyebabkan seruan baru untuk perlindungan yang lebih besar bagi pemain sepak bola dari gegar otak dan dampak jangka...
ANTARA/Gusti Tanati

UGM: Perlu Aturan tentang Masyarakat Adat dalam RUU KSDHAE

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:25 WIB
Ahli Ekologi Hutan Djoko Marsono lebih setuju mengembalikan konsep konservasi ke UU No. 5 Tahun 1990, sebab pengertian konservasi sumber...
Freepik

Puisi Bertema Hari Ibu, Cocok Dibaca Pas 22 Desember

👤Meilani Teniwut 🕔Jumat 09 Desember 2022, 11:00 WIB
Ucapan terima kasih kepada ibu sering kali diungkapkan melalui puisi-puisi nan indah. Sehingga, tak jarang kita menemui puisi yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya