Senin 08 Agustus 2022, 20:42 WIB

9.458 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB UI

Anton Kustedja | Humaniora
9.458 Mahasiswa Baru Ikuti PKKMB UI

MI/Anton
Gedung Rektorat Universitas Indonesia

 

SEBANYAK 9.458 mahasiswa baru mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Indonesia (UI) 2022, yang mana sebagian mahasiswa hadir secara tatap muka di Balairung UI Depok, Jawa Barat.
 
Rektor Universitas Indonesia Prof Ari Kuncoro di Balairung UI, Senin (8/8), berpesan agar para mahasiswa baru memaksimalkan peluang emas bagi masa depan mereka untuk belajar, berprestasi, mengabdi, mengembangkan talenta, minat, dan bakat.
 
Prof Ari mengatakan, UI merupakan kampus bersejarah, didirikan pertama kali oleh Hindia Belanda pada 1849. Sejak awal mula berdiri di Tanah Air, UI telah banyak berkontribusi, merawat, dan membesarkan Indonesia Raya.
 
Ari menyebut sudah banyak tokoh-tokoh besar yang lahir dari UI, mulai dari pahlawan, pengusaha, pejabat, menteri, dan masih banyak lainnya. Maka dari itu, rektor berharap penuh kepada Mahasiswa UI 2022 yang baru bergabung, untuk dapat melanjutkan tradisi mengharumkan nama baik UI dan Indonesia.
 
Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof Dr rer nat Abdul Haris mengatakan para mahasiswa baru tersebut terdiri atas 8.021 mahasiswa program sarjana (S1 Reguler, S1 Paralel, dan S1 Kelas Internasional) dan 1.437 mahasiswa program pendidikan vokasi (D3 dan D4).


Baca juga: Ukrida Pimpin Dewan Pengurus BKAP3-PTKI Periode 2022-2024

 
Mereka diterima melalui jalur SNMPTN, PPKB, Talent Scouting, SBMPTN, Simak UI, dan Jalur Prestasi.
 
Kegiatan yang mengusung tema 'Mahasiswa UI Satu Karena Beda' itu dilaksanakan secara hibrida dan akan berakhir pada 25 Agustus 2022.
Pemilihan tema tersebut bertujuan mempersatukan dan menginternalisasi diri para mahasiswa baru menjadi anggota sivitas UI.
 
"Tema ini dipilih karena UI adalah sebuah miniatur Indonesia yang terdiri dari berbagai suku bangsa, ras, dan agama. Melalui tema  tersebut, kami menginginkan dan mendidik mahasiswa UI menjadi individu yang manusiawi, inklusif, dan toleran," ujarnya.
 
PKKMB UI merupakan rangkaian aktivitas penyambutan dan pembekalan mahasiswa baru UI guna memperkenalkan sistem akademik dan  ekstrakurikuler yang ada di kampus beserta sistem, metode, dan pendekatan yang digunakan.
 
"Kegiatan ini sekaligus menjadi masa orientasi dan masa transisi dari siswa menjadi mahasiswa, dari belajar SMA menjadi insan akademik perguruan tinggi. Kami menghadirkan para pembicara hebat, alumni yang saat ini menjabat sebagai menteri, pimpinan, dan pembuat keputusan bangsa ini yang menginspirasi para mahasiswa baru," ujar Prof Abdul Haris. (Ant/OL-16)
 

Baca Juga

Freepik

Waspada, Sembelit Ternyata Bisa Sebabkan Kanker Usus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 27 September 2022, 13:30 WIB
Sembelit merupakan gangguan buang air besar (BAB) sehingga frekuensi BAB kurang dari hitungan normal. Frekuensi BAB normal adalah setiap...
DOK Pribadi.

Asosiasi Konsumen Konvo Nilai Informasi Negatif Vape sebagai Hoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 13:15 WIB
EVALI pernah menjadi wabah besar di akhir 2019, khususnya Amerika Utara, yang berakhir mendadak di awal 2020 hingga sempat membuat publik...
Antara/HO/Setwapres

Wakil Presiden Ma'ruf Amin Hadiri Pemakaman Mantan PM Jepang Shinzo Abe

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 12:50 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe di Nippon...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya