Selasa 26 Juli 2022, 19:29 WIB

MUI Kaji Potensi Fatwa Ganja untuk Medis

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
MUI Kaji Potensi Fatwa Ganja untuk Medis

ANTARA FOTO/Irwansyah Putra
Daun Ganja.

 

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) tengah membahas fatwa terkait ganja/cannabis untuk potensi di bidang medis. Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kiai Marsudi Syuhud dalam Diskusi Ukhuwah Kebangsaan bersama Organisasi Sosial Keagamaan se-Indonesia di Hotel Sultan, Jakarta Piusat, Selasa (26/7).

Hal yang dipertimbangkan dari MUI adalah manfaat dan mudharatnya atau masalah yang ditimbulkan. Jika benar ganja lebih banyak manfaatnya maka MUI akan mempertimbangkan untuk mengeluarkan fatwa.

Baca juga: Pencipta dan Makna Lirik Lagu Hari Merdeka 17 Agustus

"Ini akan dibahas oleh komisi fatwa apa saja di dunia ada manfaatnya dan manfaatnya itu sangat dibutuhkan maka itu jadi jalan keluar untuk dipertanggungjawabkan," kata Marsudi.

Namun jika mudharatnya banyak daripada maslahatnya pada umumnya akan diharamkan. Intinya pada posisi kemaslahatan untuk kemanusiaan akan dipertimbangkan.

"Pada prinsipnya itu kan sesuatu yang mudhorot. Tapi untuk kemaslahatan maka ada jalan keluarnya untuk itu, jadi dalam fiqih kan demikian. ini akan dilihat potensi sekaya apa cara penggunaannya, referensi dokter apa untuk bisa digunakan," ungkapnya.

Marsudi menekankan ketika tidak ada benda lain yang bisa menggunakannya maka untuk itu kadar yang sesuai tentunya diperbolehkan. Tapi jika masih ada benda-benda lain yang halal maka lakukan yang lain. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Roemah Indonesia BV

Roemah Indonesia BV dan Menteri BUMN Erick Thohir Gelar Pasar Kopi di Eropa

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:38 WIB
Secara unik, acara besar itu akan membawa pengunjung mengenal perjalanan kopi Indonesia, mulai dari menyaksikan pameran sejarah produksi...
Ist

Rambut Rontok 60-100 Helai per Hari, Saatnya Konsultasi ke Dokter

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:22 WIB
Di seluruh dunia, sekitar 60% pria dan 50% wanita mengalami beberapa bentuk kerontokan rambut sehingga membutuhkan penanganan...
Ist

Gerakan Pramuka Solusi Atasi Kecanduan Gawai pada Anak dan Remaja

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 12:42 WIB
Gerakan Pramuka yang biasanya dipenuhi dengan kegiatan alam, ketrampilan dan persaudaraan bisa mengalihkan perhatian sejenak dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya