Senin 11 Juli 2022, 10:30 WIB

Jemaah Haji dengan Komorbid Banyak yang Tumbang Saat Lontar Jumrah

Dinda Shabrina | Humaniora
Jemaah Haji dengan Komorbid Banyak yang Tumbang Saat Lontar Jumrah

MI/Susanto
Jemaah Haji yang bermalam di Muzdalifah sebelumnya sudah mengumpulkan sebanyak 49 batu yang akan digunakan paginya untuk melempar Jumrah

 

KEPALA Pusat Kesehatan Haji Budi Sylvana meminta agar berbagai pihak penyelenggara haji bekerja sama untuk memastikan kesehatan jemaah tetap terjaga. Mengingat di fase critical period banyak jemaah lansia dan komorbid tumbang saat melaksanakan lontar jumrah karena kelelahan.

“Kita terutama mengharapkan kerja sama semua pihak, dari para KBIH, Ketua Kloter, Ketua Regu dan teman-teman PPIH di lapangan agar terus mengedukasi jemaahnya untuk tidak berlebihan, lempar jumrah bagi jemaah lansia dan memiliki komorbid untuk dibadalkan saja,” kata Budi dalam keterangan tertulis, Minggu (10/7).

Menurut Budi, faktor kelelahan disinyalir menjadi pemicu pada jemaah lansia dan memiliki komorbid, terutama yang memiliki penyakit jantung. Dengan dilaksanakannya badal lontar, kesehatan jemaah akan tetap terjaga khususnya di fase Armuzna.

“Dari kemarin sampai hari ini saja ada 6 jemaah kita yang meninggal disebabkan kelelahan dan dehidrasi yang menyebabkan penyakit jantung lebih berat,” ungkap Budi.

Mayoritas jemaah haji sakit yang mendapatkan perawatan di Pos Kesehatan Mina juga didominasi oleh faktor kelelahan dan dehidrasi.

“Hari ini saja ada 62 jemaah yang dirawat,” ucapnya.

Baca juga: Jemaah Haji Indonesia Mulai Lontar Jumrah Aqabah

Selain meminta kerja sama dari berbagai pihak, Budi akan memperkuat pelayanan kesehatan di sepanjang jalur jamarat. Selain adanya Pos Kesehatan Mina dan 8 Pos kesehatan satelit di jalur atas dan bawah jalur jamarat, juga akan dilakukan penambahan penugasan personel Emergency Medical Team (EMT).

Sebanyak 20 orang tim EMT mobile yang terbagi dalam lima tim akan bertugas dan terus bergerak di sepanjang terowongan mina. Tim akan dibekali dengan kursi roda, air, oralit dan perlengkapan untuk kegawatdaruratan lainnya.

“Malam ini tim langsung bekerja sampai fase lontar jumrah berakhir, untuk menolong jemaah yang kelelahan di tengah perjalanan jamarat," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Medcom.id/Ahmad Garuda

Mau Buat SIM C, Ini Syarat dan Biayanya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:54 WIB
Apabila anda ingin segera mengendarai kendaraan, terutama sepeda motor, ketahui apa saja syarat dan berapa biaya pembuatan SIM...
Medcom.id

Wujudkan Sistem Teknologi yang Permudah Kehidupan di IKN

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:46 WIB
Komisaris Utama Telkom Indonesia Bambang Brodjonegoro mengharapkan kehadiran Telkom dapat menjadikan IKN menjadi kota yang siap menghadapi...
Ist

SGM Eksplor Luncurkan Gerakan agar Anak Dapat Akses Nutrisi dan Pendidikan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:23 WIB
Ada 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses nutrisi dan pendidikan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya