Selasa 05 Juli 2022, 07:35 WIB

Perlindungan Hak

M-1 | Humaniora
Perlindungan Hak

Dok. ITB
Penyandang difabel mengidentifikasi koleksi Museum Geologi

 

SEJAK 1974, International Council of Museum (ICOM) telah mendefinisikan museum sebagai salah satu fasilitas publik yang memiliki tujuan melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, memperoleh, merawat serta menyampaikan perkembangan informasi melalui pameran koleksi hasil pencapaian manusia dan alam.

Adanya museum yang bersifat inklusif bagi penyandang disabilitas merupakan salah satu bentuk perwujudan dari Convention on the Rights of Persons with Disabilities (CRPD) yang dicanangkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Bentuk aksesibilitas itu salah satunya ditujukan pada ruang publik sehingga tidak ada perbedaan antara masyarakat umum dan penyandang disabilitas dalam mendapatkan fasilitas pelayanan publik.

Dengan semua pemahaman itu, sudah semestinya penyandang disabilitas dapat mengakses informasi yang sama dengan masyarakat pada umumnya. Selain itu, akses informasi yang inklusif melindungi hak untuk memperoleh pengajaran dengan kualitas yang baik. Dari situ pula museum barulah dapat menjadi fasilitas belajar yang dinikmati mulai anak-anak, remaja, hingga dewasa tanpa diskriminasi. (M-1)

Baca Juga

Dok Pribadi.

Dokter Fiza Berbagi Tips Melepas Penat dengan Rutinitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:12 WIB
Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Hafiza Fikri Fadel, Sp.KK berbagi resep menghilangkan kepenatan rutinitas...
ilustrasi

Terapkan Batas Saat WFH Bisa Tenangkan Jiwa

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 21:23 WIB
"Ada yang namanya segregated yakni sangat dipisahkan. Dia membuat ruang-ruang sendiri sebagai boundary dia bekerja, ada tempat khusus...
Ist

Adira Finance dan Kemenparekraf Gelar Festival Kreatif Lokal 2022 di Desa Wisata

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 20:22 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi komitmen dan konsistensi Adira Finance yang terus mendukung pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya