Senin 04 Juli 2022, 19:07 WIB

Komunitas Anggur Tangsel Berharap Dukungan Penuh Pemerintah

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Komunitas Anggur Tangsel Berharap Dukungan Penuh Pemerintah

DOK KAT
Acara diskusi 'Pertanian Moderen dan Problematika Budi Daya Anggur di Indonesia'.

 

KOMUNITAS Anggur Tangsel (KAT) terus melakukan kegiatan untuk mengembangkan tanaman anggur di Indonesia. Minggu (3/7), KAT menggelar diskusi dengan tema 'Pertanian Moderen dan Problematika Budi Daya Anggur di Indonesia'.

Ketua KAT Roy Nurdin, Senin (4/7) mengatakan diskusi ini merupakan wadah bagi pencinta tanaman anggur saling mengenal dan bertukar pikiran dalam mengembangkan budidaya tanaman anggur. Diskusi ini diikuti pecinta tanaman anggur dari Tangerang, Jakarta, Bogor, Bekasi serta Sumatera.

"Acara ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pertanian (Kementan). Saya berharap ke depan Kementan lebih serius lagi mendukung penggiat tanaman anggur yang makin banyak tumbuh di Indonesia," kata Roy Nurdin.

Roy Nurdin berharap Kementan dapat membantu permasalahan di lapangan terutama terkait dengan legalitas varian anggur yang banyak di tanam di Indonesia. Ia mengusulkan, Kementan dapat mengumpulkan para penggiat tanaman anggur seluruh Indonesia duduk bersama membicarakan dan mencarikan solusi terutama masalah legalitas varian anggur yang sudah banyak ditanam oleh masyarakat.

"Kami apresiasi setinggi tingginya atas niat baik Dirjen Hortikultura Kementan untuk menampung aspirasi penggiat anggur di acara ini, " tukas Roy Nurdin.

Di sisi lain, Sekretaris Dirjen Hortikultura Kementan Dr. Ir. Retno Sri Hartati Mulyandari, M.Si yang hadir dalam diskusi memberikan apresiasi kepada KAT yang menginisiasi diskusi ini. "Melalui komunitas anggur di seluruh Indonesia, saya harapkan dapat diluncurkan varietas anggur yang didaftarkan ke Kementerian Pertanian," kata Retno.

Dikatakan, varietas yang sudah didaftarkan dapat dikembangkan secara resmi dan masif di Indonesia walaupun bermula dari anggur introduksi. "Kita juga perlu promosikan bahwa anggur kualitas baik yang biasanya hanya dapat didatangkan dari manca negara dapat dibudidayakan di Indonesia, bahkan di lahan sempit maupun di polybag di daerah perkotaan sebagai bagian dari urban farming bahkan bisa saja menjadi kampung anggur," katanya.

Lebih jauh, Retno mengingatkan pengawalan dalam tata kelola budidaya yang baik menjadi penting agar tanaman anggur dapat menghasilkan buah yang berkualitas dan aman konsumsi. Pengawalan atau pendampingan oleh pakar dan anggota komunitas yang sudah berpengalaman sangat dibutuhkan bagi pemula.

"Harapan saya dalam jangka panjang, anggur yang sesuai dengan preferensi masyarakat yaitu manis dan besar dapat diproduksi di Indonesia sehingga mengurangi volume impor anggur dari luar negeri," harap Sri. (OL-15)

 

Baca Juga

MI/HO

Hari Ini, KCCI akan Perkenalkan Permainan Tradisional Korea di Bekasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 07:15 WIB
KCCI akan memperkenalkan beberapa permainan tradisional yang sering dijumpai dalam variety show Korea, seperti Tuho, Jegi Chagi, Red Light...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.

PB IDI Dukung Regulasi Pelabelan Bisfenol A (BPA) pada Kemasan Plastik  

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 04:45 WIB
“Selama ini, masyarakat hanya menyoroti pengaruh jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi terhadap kesehatan, namun mengabaikan...
ANTARA/Asprilla Dwi Adha

UI Pamerkan Bus Listrik Merah Putih di Hakteknas Ke-27

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:15 WIB
Rancangan teknologi bus listrik lahir dari ide periset yang berasal dari Fakultas Teknik UI, sementara perusahaan mitra berperan sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya