Minggu 29 Mei 2022, 17:45 WIB

Musim Panas di Arab Saudi saat Ibadah Haji, Menag Minta Jemaah Jaga Kesehatan dan Fisik

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Musim Panas di Arab Saudi saat Ibadah Haji, Menag Minta Jemaah Jaga Kesehatan dan Fisik

AFP/Juni Kriswanto
Calon jemaah haji Indonesia melakukan manasih haji sbeelum bertolak ke Arab Saudi

 

SEJUMLAH pesiapan penyelenggaraan haji di Arab Saudi terus dioptimalkan, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan jemaah untuk menjaga kesehatan jelang keberangkatan haji. Apalagi saat ini cuaca di Saudi memasuki musim panas. 

"Saat di Saudi sehabis Subuh saya keluar untuk olahraga dan cuaca di sana mencapai 40 derajat celcius. Siangnya berkisar 44-46 derajat celcius. Informasi yang disampaikan Menteri Haji Saudi, puncak musim panas di Saudi bisa mencapai 50 derajat celcius," kata pria yang akrab disapa Gus Men dalam keterangannya dilansir Minggu (29/5).

Ia menyebut, kondisi seperti itu setidaknya akan berlangsung selama 7 tahun ke depan kemudian baru cuaca akan kembali normal. 

"Tantangan cuaca ini luar biasa," lanjutnya. 

Meski demikian, Menag optimistis jemaah dapat mengikuti rangkaian ibadah haji, namun harus menjaga kesiapan dan kesehatan fisik.

"Jaga fisik, kesehatan dan selalu membawa air mineral untuk menghindari dehidrasi. Banyak tantangan selain cuaca, tantangan kedua lamanya sahabat bertugas di sana. Saya harus sampaikan ketika jemaah pulang akan ada tantangan lainnya yaitu keinginan untuk pulang ke tanah air," sebutnya. 

Dia meminta jemaah mulai mempersiapkan diri dengan kondisi tersebut. Salah satunya dengan memperhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan jelang keberangkatan. 

Baca juga : Menparekraf Apresiasi Terpilihnya 22 Finalis Putri Otonomi Indonesia 2022

"Kesehatannya dipersiapkan, biasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi yang ekstrim, suhu udara yang ekstrim," terangnya.

Menag berharap semua jemaah haji Indonesia memiliki kesiapan fisik yang prima untuk melaksanakan ibadah haji. 

"Setidaknya untuk melaksanakan semua proses ibadah dari awal sampai akhir. Itu pesan saya. Persiapkan fisik sebaik-baiknya dan mental tentu saja," tegasnya.  

Ia juga menyarankan kepada jemaah untuk memperdalam manasik haji serta melakukan persiapan fisik. 

"Dalam masa tunggu ini sampai nanti jemaah haji diberangkatkan, persiapan ini penting untuk dilakukan. Jangan meremehkan situasi apa pun. Jaga kesehatan, banyak minum saat di sana agar tidak dehidrasi," pungkasnya. 

Menag juga berpesan kepada tim Media Center Haji 1443H/2022M untuk tidak kaku dengan tugas spesifik selama di Saudi. Misalnya dengan membantu jemaah yang tersesat untuk bisa kembali dengan kloternya masing-masing.

"Kita berangkat sebagai petugas dan memberikan pelayanan kepada jemaah dengan tugas spesifik. Kabari keluarga jemaah di tanah air sehingga mereka bisa memantau informasi setiap harinya," harap Menag. (OL-7)

Baca Juga

DOK Sahabat Ganjar

ITS Surabaya Juara Hackaton 2022 Jawa Timur

👤Widhoroso 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:14 WIB
TIM Victorits dari Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, meraih juara ajang Hackathon 2022 Jawa Timur yang berakhir Minggu...
ANTARA/Ampelsa

Peringatan HANI 2022, Kualitas SDM untuk Bangun Karakter Remaja Jadi Tantangan

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:10 WIB
Sekarang ini mental emotional disorder atau gangguan mental emosional pada anak remaja dalam keluarga meningkat pesat pada 2018 jika...
Dok. Kemenparekraf

Sandiaga Tekankan Pentingnya Keterlibatan Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata 

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:07 WIB
Selain memahami akan potensi yang ada, masyarakat juga harus paham nilai-nilai penting yang terkandung dalam Sapta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya