Jumat 27 Mei 2022, 12:32 WIB

15 Orang yang Positif saat GDPRR di Bali Tengah Jalani Isolasi

Indriyani Astuti | Humaniora
15 Orang yang Positif saat GDPRR di Bali Tengah Jalani Isolasi

Dok GPDRR
Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang diselenggarakan di Bali, 23 - 28 Mei 2022

 

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengatakan terdapat 15 orang yang terpapar Covid-19 dari hasil tes swab Polymerase chain reaction (PCR) sebelum perhelatan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) yang diselenggarakan di Bali, 23 - 28 Mei 2022. Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito mengatakan seluruh partisipan yang positif tengah melakukan isolasi di hotel tempat mereka menginap. Adapun delegasi, maupun peserta yang mengikuti acara secara luring memasuki lokasi acara telah dinyatakan negatif dari virus Covid-19.

"Dipastikan semua terskrining dengan baik untuk peserta yang terindikasi positif langsung diisolasi di hotel masing-masing dan langsung dilakukan tracing (pelacakan)," ujarnya saat memberikan keterangan dalam konferensi pers, di Bali, Jumat (27/5).

Baca jugaGPDRR 2022 Lahirkan Dokumen Bali Agenda for Resilience

Wiku menambahkan telah dilakukan pelacakan atau tracing kontak dari 15 orang yang dinyatakan positif tersebut dengan hasil negatif. Guna memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan baik selama penyelenggaraan GPDRR, baik delegasi dan peserta, imbuhnya, menginap di hotel-hotel yang telah direkomendasikan oleh panitia. Seluruhnya, ujar Wiku, terdapat 17 hotel yang tidak jauh dari lokasi.

"Seluruh hotel dimana para delegasi tinggal sudah menerapkan Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan), termasuk para pekerja. Begitu juga transportasinya mulai dari kedatangan, tiba di hotel sampai masuk ke venue disimulasikan jauh hari," tutur Wiku.

Meski demikian, Wiku mengatakan Indonesia masih dalam keadaan pandemi. Sehingga potensi terjadinya penularan melalui interaksi masih dapat terjad. Namun, sebagai tuan rumah penyelenggara, ujar dia, Indonesia memastikan seluruh rangkaian termonitor dengan baik. 

Baca Juga

DOK UNJ

Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ Tambah 3 Guru Besar

👤Widhoroso 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:37 WIB
Universitas Negeri Jakarta menggelar acara pengukuhan tiga Guru Besar dari Fakultas Ilmu Pendidikan...
MI/YOSEPH PENCAWAN

Kemenkominfo Optimistis Tuntaskan Penghentian Siaran Analog dalam 4 Bulan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:35 WIB
Pemerintah bersama swasta terkait telah melakukan banyak hal dan mengeluarkan banyak biaya agar persiapan ASO dapat berjalan dengan...
MI/Susanto

Jelang Haji Akbar, Ini Imbauan untuk Jemaah Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 06 Juli 2022, 17:09 WIB
Seperti, jemaah haji perlu memperhatikan jadwal pergerakan ke Arafah. Hal ini penting agar seluruh jemaah dapat sampai di Arafah sesuai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya