Selasa 24 Mei 2022, 19:44 WIB

GPDRR 2022 Diharapkan Hasilkan Banyak Kerja Sama Global dalam Mitigasi Bencana

Faustinus Nua | Humaniora
GPDRR 2022 Diharapkan Hasilkan Banyak Kerja Sama Global dalam Mitigasi Bencana

Antara/Prasetyo Utomo
Persiapan penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) 2022

 

INDONESIA menjadi tuan rumah Forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7. Forum internasional yang berlangsung di Nusa Dua, Bali yang akan dimulai besok, Rabu (25/5).

Ketua Sekretariat Panitia Nasional Penyelenggara GPDRR 2022, Raditya Jati mengungkapkan, Indonesia mengusung semangat dalam memperkuat kemitraan menuju resiliensi berkelanjutan. 

"Dan kami berharap agar kegiatan ini mendorong lebih banyak kerja sama pengurangan risiko bencana dan komitmen global dalam membangun resiliensi secara berkelanjutan sesuai dengan kerangka pengurangan risiko bencana 2015-2030," ujarnya dalam konferensi pers, Selasa (24/5).

Raditya menjelaskan, ada 3 alasan mengapa Indonesia tertarik menjadi tuan rumah. Pertama, membangun resiliensi risiko bencana dengan memperkuat kerja sama semua pemangku kepentingan baik global maupun domestik.

"Saya rasa menjadi penting bahwa salah satunya adalah membangun risiko menjadi resiliensi itu membutuhkan tanggung jawab bersama. Tidak hanya pemerintah tentunya juga dari pihak-pihak lain non pemerintah dan kami juga ingin menunjukkan dunia ini bahwa kita mempunyai komitmen membangun negara kita yang resiliens," teranganya. 

Baca juga : 30,7 Juta Masyarakat Rentan dan Umum Sudah Divaksinasi Booster

Tentu hal ini menjadi salah satu komitmen tidak hanya dari pemerintah pusat tetapi juga pemerintah lokal. Menurutnya, semangat untuk membangun resiliensi bangsa telah menjadi salah satu prioritas.

Selain itu, kondisi geografis, situasi iklim yang rentan terhadap bercana juga menjadi alasan penting. Indonesia perlu bekerja sama dengan banyak pihak dalam upaya pengurangan risiko bencana di Tanah Air.

"Kemudian keputusan-keputusan penting juga terjadi di masa konferensi ini yang saya rasa menjadi satu kesempatan untuk kita berbagi antar negara. Supaya kita bisa saling memahami dan mendukung bagaimana kerja sama internasional untuk mengurangi risiko bencana di dunia sekarang. Selain itu juga bagaimana GPDRR ini bisa ikut membantu memulihkan ekonomi, terutama recovery pasca pandemi yang selama ini terjadi di dunia," jelas Raditya.

Dia juga menginformasikan bahwa selama dua hari terakhir juga telah berlangsung kegiatan persiapan GPDRR. Ada forum multi pemangku kepentingan, konferensi rekonstruksi dunia ke-5 dan konferensi peringatan dini multi bencana ke-3.(OL-7)

Baca Juga

Dok Dr’s Clinique

Perawatan Dengan Laser Efektif Atasi Berbagai Masalah Kulit

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 11:39 WIB
Perawatan kulit dengan laser saat ini banyak sekali dilakukan dalam penyembuhan berbagai masalah kulit seperti kerutan, keriput, dan...
Ist

Perubahan Iklim Turut Picu Munculnya Pandemi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 10:59 WIB
 Inisiator Pandemic Talks Firdza Radiany menilai akar masalah munculnya Covid-19 atau  virus SARS-CoV-2 disebabkan oleh perubahan...
Ist

Menparekraf Sandiaga Dorong Sineas Partispasi dalam Festival Film Bulanan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 10:52 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, kembali ingatkan para sineas yang ada di Pulau Jawa untuk berpartisipasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya